Share

Bos Qualcomm Yakin Kualitas Kamera Smartphone Bakal Lampaui DSLR

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2022 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 57 2678750 bos-qualcomm-yakin-kualitas-kamera-smartphone-bakal-lampaui-dslr-U8ey6f3zJv.jpg Bos Qualcomm yakin kualitas kamera smartphone bakal lampaui DSLR (Foto: TechSpot)

JAKARTA - Wakil Presiden Qualcomm, Judd Heape, baru-baru ini mengatakan hal serupa dengan Sony, di mana menyakini tidak lama lagi kualitas kamera smartphone akan melampaui DSLR.

Heape mengatakan, dalam hal mencapai kualitas gambar DSLR, menurutnya sensor gambar smartphone cukup mumpuni bahkan inovasinya sudah lebih cepat dan maju dibanding industri pencitraan lainnya.

Keunggulan lainnya terletak pada kekuatan pemrosesan yang tersedia di dalam smartphone. Menurut Heape, pemrosesan Snapdragon 10 kali lebih baik daripada yang akan ditemukan di kamera Nikon dan Canon top-of-the-line.

Dilansir dari TechSpot, Sabtu (1/10/20222), bahkan dengan lensa yang lebih kecil dan sensor gambar yang lebih kecil sekalipun, kata Heape, mereka dapat melakukan lebih banyak pemrosesan.

Presiden dan CEO Sony Semiconductor Solutions (SSS), Terushi Shimizu, sudah mengatakan hal ini pada awal tahun, di mana ia menyebut kualitas gambar smartphone akan melebihi apa yang mungkin dilakukan dengan DSLR dalam beberapa tahun ke depan.

Terlebih lagi, pembuat DSLR terkemuka tampaknya tidak siap untuk melawan. Sumber dari internal Nikon bahkan mengatakan perusahaan sedang bersiap keluar dari pasar DSLR untuk fokus pada kamera mirrorless yang lebih kecil dan lebih ringan.

Pada akhir tahun lalu, Canon juga telah mengonfirmasi bahwa mereka sudah memproduksi DSLR andalan terakhirnya dan akan mengalihkan perhatiannya ke model mirrorless.

Mengenai perang megapiksel, Heape percaya bahwa sweet spot berada di kisaran 40 megapiksel hingga 50 megapiksel dan merasa industri harus fokus pada target itu daripada berjuang untuk sensor yang mampu mencapai ratusan megapiksel.

Samsung Galaxy S22 Ultra terbaru dikirimkan dengan kamera belakang 108 megapiksel dan perusahaan akan mulai memproduksi secara massal sensor gambar Isocell HP3 200 megapiksel baru akhir tahun ini untuk dimasukkan dalam flagships awal 2023.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini