Share

Imbas Kecelakaan Drone Perusahaan Saudaranya Google, Jaringan Listrik Ribuan Orang Mati

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 56 2679810 imbas-kecelakan-drone-pengirim-barang-jaringan-listrik-ribuan-orang-mati-E1QUnbSfWW.jpg Imbas kecelakaan drone pengirim barang, jaringan listrik ribuan orang mati (Foto: Sky News)

JAKARTA - Perusahaan saudaranya Google, Wing, telah membuat kemajuan lewat pengujian yang melibatkan pengiriman drone di Australia.

Namun, kecelakaan baru-baru ini menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi proyek percontohan seperti itu ketika mereka berusaha untuk menjadi arus utama.

Kecelakaan itu, terjadi ketika sebuah drone dari Wing dalam perjalanan untuk mengirimkan pesanan makanan ke pelanggan di Logan City, Brisbane, menabrak kabel listrik 11.000 volt.

Tabrakan itu menyebabkan kebakaran kecil ketika drone itu menggoreng kabel sebelum jatuh ke tanah, yang menyebabkan gangguan pasokan listrik ke sekitar 2.300 rumah dan bisnis.

ABC melaporkan, Kecelakaan itu sendiri tidak mematikan pasokan, tetapi operator Energex memutuskan untuk mematikannya sehingga dapat dengan aman memeriksa tingkat kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan itu.

Pemadaman berlangsung selama 45 menit bagi sebagian besar dari mereka yang terkena dampak, meskipun 300 pelanggan yang berada di dekat lokasi kecelakaan harus menunggu tiga jam agar layanan dipulihkan.

Seorang juru bicara Wing mengatakan, drone tersebut telah berusaha untuk melakukan pendaratan terkontrol pencegahan, tetapi berhenti di kabel listrik.

“Kami segera melaporkan hal ini kepada Energex, yang hadir di lokasi. Dua jam kemudian, selama proses pengambilan, terjadi pemadaman listrik di daerah tersebut," kata juru bicara Wing, dikutip dari Digital Trends, Senin (3/10/2022).

Perusahaan milik Alphabet (induk Google) tersebut, meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan mengatakan sedang melakukan peninjauan untuk mengetahui bagaimana drone yang sedang dalam perjalanan untuk melakukan pengiriman akhirnya membakar dirinya sendiri di saluran listrik.

Tahun lalu, Wing mengatakan Logan City memiliki klaim kuat sebagai ibu kota pengiriman drone dunia untuk sejumlah besar pengiriman, sekitar 4.000 seminggu di daerah tersebut.

Proyek percontohan pengiriman drone Wing bermitra dengan bisnis lokal dan membiarkan pelanggan tertentu menggunakan ponsel cerdas mereka untuk memesan barang-barang seperti makanan ringan dan obat-obatan yang dijual bebas.

Sebuah drone kemudian terbang ke alamat pelanggan dan menurunkan pesanan di tambatan ke halaman mereka.

Dengan emisi yang lebih sedikit dan waktu pengiriman yang lebih cepat dibandingkan pengiriman berbasis jalan, Wing percaya drone adalah masa depan untuk mendapatkan barang-barang yang lebih kecil ke tangan pelanggan.

Kendati demikian, yang jelas masih ada beberapa kendala yang perlu diluruskan sebelum layanan tersebut siap untuk melayani secara massif.

Bencana baru-baru ini, misalnya, akan menjadi hal yang memalukan bagi Wing, yang perlu melibatkan komunitas jika diizinkan untuk mengoperasikan drone pengirimannya di daerah perkotaan secara lebih luas.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penduduk di lingkungan Australia di mana Wing telah menguji drone-nya tidak senang dengan kebisingan yang dihasilkan oleh mesin.

Sebagai tanggapan, para insinyur Wing menciptakan versi baru dari drone-nya yang terbang lebih tenang . Sekarang hanya perlu membuat yang menghindari kabel listrik juga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini