Share

NASA Tunda Misi ke Bulan, Apa Penyebabnya?

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 56 2679965 nasa-tunda-misi-ke-bulan-apa-penyebabnya-wV2uN8VQrb.JPG NASA tunda misi ke Bulan, apa penyebabnya? (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA dilaporkan terpaksa menunda pelucuran roket Artemis 1 sebagai bagian dari misi ke Bulan, penyebabnya adalah badai Ian yang tengah menerpa pesisir Timur Amerika Serikat.

Dilansir dari Space, Selasa (4/10/2022), pengunduran misi ke Bulan tersebut, dikabarkan hingga pertengahan November 2022 mendatang.

Sebelumnya, NASA berencana akan meluncurkan misi Artemis 1 pada Selasa (27/9/2022) lalu, tetapi terpaksa dibatalkan karena Badai Ian menerpa negara bagian Florida.

Wilayah pesisir Florida sendiri, merupakan lokasi Kennedy Space Center (KSC) yang menjadi pusat peluncuran NASA.

Badi yang sangat luar biasa itu membuat NASA terpaksa memindahkan Artemis I dari Launch Pad 39B di KSC menuju hangarnya di Vehicle Assembly Building (VAB), demi mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh badai.

Berdasarkan informasi terbaru dari NASA, roket Space Launch System dan Kapsul Orion yang akan menjadi bagian dari misi Artemis 1 tidak mengalami kerusakan akibat badai.

Namun, dampak dari Badai Ian tersebut, NASA terpaksa mengundur jadwal peluncuran Artemis 1 antara tanggal 12 November dan 27 November.

"Untuk peluncuran diberikan waktu hingga November. Bagi karyawan di Kennedy, tangani kebutuhan keluarga serta rumah mereka setelah badai. Lalu, lakukan pemeriksaan tambahan sebelum kembali ke landasan untuk peluncuran," jelas NASA dalm keterangan resminya.

Setelah Artimes 1 kembali ke VAB, nantinya tim NASA akan melakukan sejumlah pemeriksaan terlebih dahulu. Salah satunya, yakni menguji ulang Flight Termination System (FTS)

Berdasarkan aturan U.S. Space Force yang mengawasi peluncuran roket di pesisir timur AS, FTS seharusnya diuji ulang setiap 20 hari sekali.

Pengecekan tersebut sangat penting, karena FTS merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk menghancurkan roket secara otomatis, apabila roket keluar dari jalurnya ketika peluncuran.

Sebagai informasi, Artemis 1 merupakan misi pertama dari program artemis. Program tersebut diluncurkan 50 tahun setelah misi Apollo beakhir, untuk mendaratkan astronot NASA ke permukaan Bulan, serta membangun koloni permanen di akhir tahun 2020-an.

Apabila semuanya berjalan lancar, Artemis 1 yang merupakan misi tanpa awak tersebut, akan membawa kapsul Orion menuju bulan dan kembali ke Bumi. Kemudian, nantinya disusul dengan Artemis 2 yang rencananya akan membawa astronot ke orbit Bulan di tahun 2024.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini