Share

6 Cara Atasi Kursor Laptop Hilang dari Layar

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 57 2679948 6-cara-atasi-kursor-laptop-hilang-dari-layar-sGqYaz0m1G.JPG 6 cara atasi kursor laptop hilang dari layar (Foto: MakeUseOf)

JAKARTA - Kursor laptop yang hilang dari layar akan menjadi penghambat ketika akan memulai aktivitas. Pada umumnya, ini disebabkan oleh masa driver di sistem.

Adapun penyebab lainnya, seperti driver mouse bermasalah, sistem lagi eror, touchpad terkunci atau tidak berfungsi (khusus untuk laptop), dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak enam cara mengatasi kursor laptop yang hilang dari layar.

1. Restart Laptop

Ketika kursor tidak muncul, kemungkinan iada sistem yang tidak merespon. Cara ini, dianggap cukup ampuh.

2. Cek Fitur Pengunci Touchpad

Beberapa laptop keluaran baru terdapat fitur ini. Lihat pada baris F1 sampai F12, cari logo touchpad. Tekan tombol sambil menekan Fn.

3. Cek dengan Mouse

Tes menggunakan mouse yang tersambung dengan kabel atau USB. Apabila kursor muncul berarti ada masalah pada touchpad-nya.

4. Update Driver Mouse

Biasanya di laptop tersedia driver khusus touchpad yang bisa membantu untuk mengatasi masalah kursor tidak muncul pada tampilan Windows. Driver ini bisa Anda install seperti biasa.

5. Reinstall Driver Lewat Device Manager

Perbaiki lewat Device Manager dengan cara tekan tombol Windows + R untuk membuka menu RUN. Silakan ketik “devmgmt.msc“, lalu tekan Enter.

6. Instal Ulang Sistem OS

Anda dapat menginstal ulang sistem operasi (OS). Biasanya, setelah diinstal ulang maka kursor akan muncul kembali. (amj) 

(han)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini