Share

Mengintip Taksi Udara Otonom Empat Kursi yang Dibiayai Pendiri Google

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 56 2680230 mengintip-taksi-udara-otonom-empat-kursi-yang-dibiayai-pendiri-google-g7MTRdWuuq.JPG Mengintip taksi udara otonom empat kursi yang dibiayai pendiri Google (Foto: Wisk Areo)

JAKARTA - Startup taksi udara Wisk Aero meluncurkan sebuah pesawat generasi keenamnya, yakni pesawat listrik empat kuris yang bisa terbang tanpa pilot manusia.

Perusahaan yang didukung Boeing tersebut, mengungkapkan bahwa mereka akan meminta persetujuan dari Administrasi penerbangan Feredal, untuk bisa mengangkut penumpang, sebagai bagian dari laynaan taksi udara komersial.

Wisk Aero dibentuk pada tahun 2019 lalu, sebagai perusahaan bersama antara Boeing dan Kitty Hawk, sebuah perusahaan taksi terbang yang dibiayai oleh pendiri Google, Larry Page.

Kedua perusaan tersebut tengah berlomba-lomna untuk menadi perusahaan mobilitas udara canggih yang bisa mendapatkan lampu hijau dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk pengujian penumpang.

Wisk Aero mengklaim, bahwa pesawat generasi keenamnya merupakan kandidat akan diluncurkan dan mendarat vertikal pertama untuk sertifikasi tipe.

Di bawah pengawasan FAA perusahaan penerbang harus memiliki tiga jenis sertifikasi sebelum meluncurkan layanan komersial.

Sertifikasi tipe berguna untuk menandakan bahwa pesawat memenuhi semua desain dan standar keselamatan FAA. Sertifikasi produk bertujuan untuk memulai pembuatan pesawat. Untuk sertifikasi maskapai penerbangan, berguna bagi perusahaan agar bisa secara resmi menyelenggarakan layanan taksi udara niaga.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini