Share

Kominfo Pastikan Penerapan ASO Tak Mundur Lagi pada 2 November 2022

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 54 2681347 kominfo-pastikan-penerapan-aso-tak-mundur-lagi-pada-2-november-2022-Fv9ZQF3yv3.jpg Kominfo pastikan penerapan ASO tak mundur lagi pada 2 November 2022 (Foto: YouTube/Kemkominfo TV)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan suntik mati TV analog (ASO) Jabodetabek tidak akan mundur lagi dari tanggal 2 November 2022.

Pasalnya, penyesuaian jadwal ASO sudah diatur undang-undang paling lambat pada tanggal tersebut.

"Gak mungkin mundur lagi, kalo mundur itu artinya pemerintah melanggar Undang-undang Cipta Kerja," kata Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika, dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail menyebut pihaknya saat ini sedang memaksimalkan kinerja untuk mendorong sosialisasi agar masyarakat berkecukupan mau membeli set top box (STB) untuk beralih siaran digital.

Selain mendorong masyarakat mampu untuk membeli STB, Ismail juga mengatakan bahwa saat ini Kominfo tengah sibuk menyelesaikan distribusi STB untuk masyarakat miskin, yang mana saat ini distribusinya untuk wilayah Jabodetabek sudah mencapai 96,4%.

"Ada 460 ribu lebih data rakyat miskin yang kami peroleh dan itu sudah hampir selesai distribusinya. Sampai saat ini sisanya masih terus berjalan," ungkap Ismail dalam kesempatan konferensi pers yang sama.

Ismail pun meminta masyarakat yang mampu agar lebih aware terkait dengan migrasi TV analog ke TV digital sehingga tidak perlu menunggu ASO dilaksanakan baru membeli perangkat STB. Pasalnya migrasi ini juga akan memberikan pengalaman menonton TV yang lebih baik.

"Kalau masyarakat yang mampu itu segera beli STB tidak perlu menunggu. Apalagi Jabodetabek. Kalau sudah sempet mendapat pengalaman nonton tv digital itu saya rasa akan antusias. Jadi tidak pwrlu menunggu," tutupnya.

Sebelumnya, ASO yang semula dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2022 ini diundur menjadi tanggal 2 November 2022 setalah mendapat usulan dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI). Menurut ATVSI, masih banyak masyarakat yang belum siap sehingga jadwalnya terpaksa digeser.

ATVSI menyebut, berdasarkan hasil Nielsen yang dirilis tanggal 1 Oktober menunjukan untuk DKI Jakarta yang siap dengan digital hanya 43%, artinya ada 57% yang tidak siap. Jika dipaksakan maka tidak baik bagi masyarakat mengingat TV menyajikan hiburan dan informasi yang gratis.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini