Share

Semua Orang Bermata Biru Punya Nenek Moyang yang Sama

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 56 2681388 semua-orang-bermata-biru-punya-nenek-moyang-yang-sama-dlYa8dLGJB.jpg Semua orang bermata biru punya nenek moyang yang sama (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Semua orang bermata biru ternyata punya nenek moyang yang sama. Hal ini, disampaikan oleh Profesor Eiberg dari Universitas Kopenhagen.

"Mereka mewarisi garis yang sama, di tempat yang sama persis di DNA mereka," katanya, seperti dikutip dari Metro, Kamis (6/10/2022).

Menurut penelitian, setiap orang bermata biru di Bumi dapat melacak garis keturunan nenek moyang mereka ke satu individu yang hidup antara 6.000 dan 10.000 tahun yang lalu.

Individu tersebut adalah manusia yang mengalami mutasi gen tertentu, yang menyebabkan mata mereka berbeda dari mata manusia lainnya yang rata-rata memiliki warna coklat.

Diketahui, mutasi tersebut berasal dari gen yang disebut HERC2. Para ilmuwan mengatakan gen HERC2 mematikan gen OCA2, gen lain yang mengatur jumlah pigmen coklat yang berkembang di mata.

Diyakini orang pertama yang memiliki mata biru hidup di Eropa hingga 10.000 tahun yang lalu. Dan setiap orang bermata biru yang hidup saat ini memiliki mutasi yang sama di tubuh mereka.

Namun, itu adalah jenis mutasi gen yang sangat spesifik, yang berarti bahwa mutasi itu hanya berakibat pada mata yang membiru. Sedangkan rambut dan warna kulit masih mempertahankan tingkat pigmen yang sama.

Di Inggris, mayoritas orang atau 48% memiliki mata biru, sementara 30% lainnya bermata hijau dan hanya 22% yang memiliki mata cokelat. Mata biru memiliki variasi kecil dalam jumlah melanin yang ada.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini