Share

Cara Pasang Set Top Box untuk TV Analog Supaya Dapat Siaran Digital

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 54 2681989 cara-pasang-set-top-box-untuk-tv-analog-supaya-dapat-siaran-digital-7O5SOjk234.jpg Cara pasang set top box untuk TV analog supaya dapat siaran digital (Foto: Siaran Digital Indonesia)

JAKARTA - Set Rop Box (STB) adalah komponen penting dalam migrasi dari televisi (TV) analog ke digital. Melalui STB, masyarakat bisa menonton siaran digital tanpa harus mengganti TV dengan yang baru.

Penting diketahui, STB sendiri terdiri dari beragam model dan merek yang masing-masingnya memiliki cara pemasangan yang kurang lebih berbeda. Meski demikian secara garis besar langkah-langkahnya sama.

Lantas bagaimana cara pemasangan STB di TV analog? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan perangkat STB dan pastikan sudah mengantongi sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

2. Sambungkan STB ke TV analog dengan menggunakan kabel RCA yang berwarna merah, kuning, putih atau kabel HDMI

3. Cabut kabel antena dari TV lalu pasangkan ke port antena yang tersedia di STB

4. Nyalakan TV dan STB

5. Pilih mode AV atau HDMI di pengaturan TV

6. Jika menu STB sudah muncul, pilih opsi pencarian saluran

7. Pilih saluran siaran yang ingin ditonton, lalu nikmati siaran TV digital di TV.

Sebagai informasi, STB jmampu menyajikan fitur tambahan seperti informasi kebencanaan. Siarannya juga bisa disesuaikan dengan usia penontonnya sehingga orang tua bisa mengatur apa saja yang boleh ditonton anak-anak.

Mulai tanggal 2 November 2022, masyarakat yang masih menggunakan TV analog namun ingin menonton siaran TV harus melengkapi TV-nya dengan STB. Ini lantaran pemerintah akan menyuntik mati siaran analog.

Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengamanatkan penghentian penyiaran analog dan migrasi ke penyiaran digital (Pasal 72 angka 8, sisipan Pasal 60A Undang-undang Penyiaran). Untuk itulah peran STB menjadi vital.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini