Share

Ini Penyebab Anda Jadi Pilek Setelah Menangis

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 56 2682045 ini-penyebab-anda-jadi-pilek-setelah-menangis-L0k8CcMtG5.JPG Ini penyebab Anda jadi pilek setelah menangis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menangis menjadi salah satu ekspresi saat sedih, terharu, dan sakit. Ketika sedang menangis pasti akan membuat Anda jadi pilek. Apa penyebabnya?

Biasanya saat Anda sedang menangis, hidung terasa mengeluarkan ingus atau lendir yang sama seperti Anda sedang flu dan pilek. Bahkan tidak sedikit di antaranya menangis menjadi salah satu penyebab pilek.

Ternyata saat menangis bukan mata saja yang bisa basah, tetapi hidung juga. Keluarnya air dari hidung ini bisa sangat sedikit, atau kadang dalam jumlah yang cukup banyak. Saking banyaknya Anda bisa sampai menyedotnya selayaknya sedang flu dan pilek.

Dilansir dari Science Focus, Kamis (6/10/2022), inilah penyebab kenapa hidung Anda menjadi pilek setelah menangis, berdasarkan penjelasan penulis ilmiah Luis Villazon.

Banyak hal yang menjadi penyebab hidung meler, di antaranya adalah angin yang dingin, makanan panas, asap api unggun, dan tangisan, dan dari semua kondisi itu membuat mata Anda menjadi berair.

Mata Anda memiliki lubang pembuangan kecil, yang disebut puncta lakrimal, yang terletak di sudut dalam kelopak mata atas dan bawah Anda.

Ini terhubung ke hidung Anda melalui saluran yang disebut 'kanaliculi lakrimal', sehingga setiap air mata yang tidak mengalir di wajah Anda akan menetes ke hidung Anda.

Saat air mata masuk ke dalam rongga hidung, cairan tersebut kemudian bercampur bersama lendir dan zat lainnya pada hidung. Kemudain mengalir keluar dari hidung, sehingga itulah mengapa hidung jadi pilek setelah menangis.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini