Share

Google Butuh Waktu Setengah Abad Lebih untuk Saingi Angka Penjualan Smartphone Samsung

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 57 2681904 google-butuh-waktu-setengah-abad-lebih-untuk-saingi-angka-penjualan-smartphone-samsung-fE2zKfh6az.JPG Google butuh waktu setengah abad lebih untuk saingi angka penjualan smartphone Samsung (Foto: Google)

JAKARTA - Google telah menjual 27,6 juta unit ponsel Pixel sejak diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, ini berdasarkan laporan firma riset pasar IDC.

Disadur dari SamMobile, Kamis (6/10/2022), kendati kedengarannya banyak, namun angka penjualan smartphone Google masih belum ada apa-apanya dibandingkan Samsung.

Penjualan ponsel Google hanya 1/10 dibanding dengan penjualan Samsung dalam satu tahun (2021), yang berarti Google perlu terus menjual ponsel Pixel selama sekitar setengah abab lebih atau 60 tahun lagi untuk mengejar penjualan Samsung Galaxy selama 12 bulan.

Dengan demikian, anggapan bahwa jajaran ponsel Pixel Google mewakili platform Android di Amerika Serikat merupakan salah besar. Dilihat dari angka penjualan yang dibagikan oleh analis pasar, Google masih jauh tertinggal dari Samsung.

Cukup menyedihkan bagi Google bahwa ponsel Pixelnya hampir sama sekali tidak mewakili OS Android. Pixel bahkan disebut tidak akan pernah menjadi ancaman bagi bisnis seluler Samsung, setidaknya selama Google tidak membangun jaringan ritel global yang lebih luas.

Hal yang sama berlaku untuk jam tangan pintar yang didukung oleh OS Wear Google, di mana Samsung memiliki eksklusivitas atas versi OS terbaru untuk perangkat yang dapat dikenakan selama hampir satu tahun, dan dengan demikian, ia memiliki pangsa pasar Wear OS 3 terbesar.

Google sekarang mencoba untuk meluncurkan jam tangan pintar Pixel pertamanya, tetapi mungkin akan menghadapi tantangan besar untuk mengejar penjualan Galaxy Watch.

Mengingat kinerja yang buruk dari jajaran Pixel dibandingkan dengan merek Galaxy, tidak heran Samsung memiliki pengaruh di Google, cukup bagi perusahaan untuk berkolaborasi dalam mengembangkan Android 12L untuk perangkat lipat Samsung.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini