Share

Apple Music Cetak Sejarah Baru dengan Koleksi 100 Juta Lagu

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 57 2682103 apple-music-cetak-sejarah-baru-dengan-koleksi-100-juta-lagu-NKRUyvwblw.JPG Apple Music cetak sejarah baru dengan koleksi 100 juta lagu (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Apple Music dilaporkan telah berhasil mencapai tonggak sejarah baru. Layanan streaming musik itu sudah memiliki 100 juta lagu terdaftar.

Dilansir dari TechSpot, Jumat (7/10/2022), sekarang Apple Music memiliki lebih banyak trek dibandingkan platform streaming lainnya. Sebuah pencapaian yang terjadi lebih dari tujuh tahun setelah layanannya diluncurkan pada Juni 2015 silam.

“Ini lebih dari sekadar angka,” kata Rachel Newman, kepala bidang editorial Global Apple Music melalui siaran pers perusahaan.

Menurut Newman, hal ini juga mewakili perubahan besar dalam bisnis bagaimana musik dibuat, didistribusikan, dan dapat dikonsumsi selama dua dekade terakhir.

Jika kilas balik ke tahun 1960-an, hanya ada 5.000 album baru yang rilis setiap harinya. Jumlah lagu Apple Music meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir, dari 50 juta di tahun 2018 menjadi 100 juta lagu pada 2022 ini.

Dengan hasil koleksi 100 juta lagu, Apple Music menetapkan dirinya sebagai platform streaming dengan katalog musik terbesar, mengalahkan platform musik lain, seperti Spotify, Amazon Music, dan YouTube Music.

Seperti yang telah dilaporkan, Spotify kini memiliki 82 juta musik dan podcast, Amazon Music dengan 90 juta lagu, dan YouTube Music memiliki sekitar 80 juta lagu.

Follow Berita Okezone di Google News

Apple mengatakan bahwa mereka berinvestasi besar-besaran dalam kurasi lagu-lagu koleksinya yang masih mengandalkan sentuhan manusia, melalui daftar putar editorial, dan algoritma rekomendasi yang ditampilkan.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, kami tahu bahwa investasi dalam kurasi manusia akan menjadi kunci dalam menjadikan kami yang terbaik dalam menghubungkan seniman dengan penonton,” kata Newman.

Selain itu, seri Apple Music Today yang baru telah memberi ruang yang lebih demokratis dan kesempatan bagi siapa pun, bahkan artis baru bisa menceritakan kisah dan membuat musik mereka sendiri.

Harga Apple Music ditetapkan sekitar Rp152 ribu per bulan untuk satu lisensi, sekitar Rp1.5 juta untuk setahun penuh jika dibayar di muka bagi pengguna di Amerika Serikat.

Tersedia juga paket keluarga untuk biaya yang lebih murah, dan paket pelajar untuk pelanggan yang memenuhi syarat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini