Share

Daftar 5 Aplikasi yang Bisa Pantau Banjir di Indonesia

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2022 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 57 2682644 daftar-5-aplikasi-yang-bisa-pantau-banjir-di-indonesia-EMKM5H3div.jpg Daftar 5 Aplikasi yang bisa pantau banjir di Indonesia (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Hujan deras terus mengguyur dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan banjir di sejumlah daerah. Kemacetan parah pun tidak bisa dihindari. Bahkan di beberapa titik, lalu lintas tidak bergerak selama berjam-jam.

Di kala hujan deras kerap terjadi, penting bagi yang punya mobilitas tinggi untuk selalu memantau daerah mana saja yang tergenang banjir.

Hal ini agar bisa terhindar dari kejebak macet yang menjengkelkan. Berikut ini adalah deretan aplikasi pantau banjir yang bisa digunakan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022).

1. PetaBencana.id

Dengan PetaBencana.id kalian bisa memantau titik banjir sehingga dampak lain dari banjir seperti kemacetan bisa dihindari. Untuk penggunaannya sendiri sangat mudah, hanya perlu mengunjungi website Petabencana.id.

Setelah masuk ke laman utama website, tinggal pilih wilayah yang ingin dipantau melalui kolom Pencarian yang tersedia di pojok atas. Nantinya akan muncul informasi terkait titik banjir sehingga titik tersebut bisa kalian hindari.

2. Google Maps

Tidak banyak yang tahu bahwa Google juga bisa digunakan untuk memantau banjir. Selama ini Google lebih dimanfaatkan sebagai alat navigasi perjalanan, mencari lokasi tertentu, atau juga memantau kemacetan lalu lintas.

Rupanya Google Maps juga bisa memberikan informasi terkait daerah mana saja yang terendam banjir. Jika terjadi banjir, kalian bisa menemukan icon Jakarta floods. Klik pada icon tersebut, maka akan terlihat titik mana saja yang terendam banjir.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini