Share

3 Hewan yang Masih Hidup dari Zaman Prasejarah

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 56 2683911 3-hewan-yang-masih-hidup-dari-zaman-prasejarah-t1qqdsaPoq.jpg 3 hewan yang masih hidup dari zaman prasejarah (Foto: iStock)

JAKARTA - Hewan yang masih hidup sejak jaman prasejarah ternyata jumlahnya cukup banyak. Namun, yang paling menonjol dan sering terlihat hanya beberapa saja.

Diketahui, di dunia ini ada begitu banyak jenis hewan. Dari berbagai jenis hewan ini beberapa di antaranya telah hidup sejak dari jaman prasejarah.

Meskipun dinosaurus bersama dengan makhluk prasejarah lainnya telah punah jutaan tahun lalu, namun ada beberapa hewan purba yang masih hidup sampai sekarang.

Dilansir dari kanal YouTube iNews Variety Show, Senin (10/10/2022), inilah tiga hewan yang masih hidup sejak zaman prasejarah.

1. Ikan Lungfish Methuselah

Sebuah sumber mengatakan jika ada seekor ikan yang sangat tua yang sampai saat ini masih tinggal di akuarium, namanya adalah Ikan Mathuselah yang merupakan ikan tertua yang tinggal di akuarium Amerika Serikat.

Australia Lungfish ini berusia 90 tahun dan hidup di akuarium khusus milik California Academy of Sciences San Francisco. Ikan ini bernama methuselah karena terinspirasi dari sosok manusia bernama sama yang hidup di zaman para nabi.

Mathuselah sendiri adalah kakek dari Nabi Nuh yang usianya mencapai 969 tahun, ikan yang memiliki panjang 1,2 meter dengan berat 18,1 kg ini memang memiliki keunikan di usia.

Saat ini, kehadiran ikan Mathuselah sangat penting bagi ilmu pengetahuan, pasalnya ikan satu ini diyakini merupakan bagian dari spesies yang dianggap sebagai mata rantai evolusi antara ikan dan amfibi.

Para ilmuwan menganggap bahwa ikan Mathuselah merupakan Spesies ikan primitif dengan paru-paru dan insang. Selain itu, pengurus ikan methuselah juga meyakini bahwa ikan tersebut adalah betina, walaupun sulit untuk menentukan jenis kelamin spesies itu tanpa melakukan pengambilan sampel darah yang dinilai sangat berisiko.

Museum tersebut akan mengirim sampel kecil siripnya kepada sejumlah peneliti di Australia yang akan memastikan jenis kelamin dan umur dari ikan tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Kura-kura Jonathan

Sampai saat ini banyak yang menanyakan hewan darat apa yang usianya paling tua dan masih hidup sampai sekarang. Jawabannya adalah seekor kura-kura bernama Jonathan yang saat ini telah menjadi kura-kura paling lanjut usia di dunia.

kura-kura besar ini sebelumnya sudah memegang rekor Guiness World Record sebagai hewan darat tertua. kura-kura jonathon diperkirakan lahir pada tahun 1832 sehingga saat ini usianya sudah 190 tahun.

Jonathan sudah lahir sebelum Ratu Victoria memimpin Inggris di tahun 1837, saat ini juga hidup dengan tenang di Saint Helena, yaitu sebuah pulau di laut Atlantik Selatan.

Jonathan tiba di Saint Helena pada tahun 1882 ketika sudah berumur 50 tahun. Bertahun-tahun belakangan hewan tertua ini masih sehat, namun sudah buta dan tidak bisa membaur dengan hewan lainnya. Tetapi, selera makannya masih bagus dan masih senang berjalan di antara rerumputan.

3. Hiu Greenland

Yang terakihr adalah seekor hiu Greenland yang menjadi salah satu hewan tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang. Hiu Greenland tanpa nama itu disebut berjenis kelamin betina, dan berhasil mendapatkan gelar vertebrata tertua di dunia.

Diyakini bahwa hiu ini lahir antara 1501 atau 1744, jadi kemungkinan hiu tersebut berusia antara 274 dan 517 tahun pada 2018.

Para ilmuwan selalu tahu bahwa hiu Greenland memiliki rentang hidup yang sangat panjang walau tidak bisa dipastikan berapa umur ikan ini sebenarya.

Diketahui bahwa hiu Greenland mencapai kematangan seksual pada usia 150 tahun dan bisa mencapai lima meter per tahun ketika sudah dewasa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini