Share

7 Hal yang Dapat Dilakukan PS5 dan Jarang Disadari

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 326 2684716 7-hal-yang-dapat-dilakukan-ps5-dan-jarang-disadari-FVpTbZlZWD.jpg 7 hal yang dapat dilakukan PS5 dan jarang disadari (Foto: Shutterstock)

JAKARTA -Pemilik PlayStation 5 (PS5) wajib mengetahuinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan konsol besutan Sony tersebut untuk menambah keseruan saat memainkannya.

Seperti dihimpun dari Android Authority, Selasa (11/10/2022), berikut adalah tujuh hal yang dapat dilakukan PS5 dan jarang disadari.

1. Tukar dudukan untuk memposisikan PlayStation 5 secara horizontal

Selama ini PlayStation 5 selalu dipromosikan dalam posisi vertikal. Padahal sebenarnya konsol buatan Jepang tersebut bisa diposisikan secara horizontal. Caranya adalah dengan menukar dudukan ke panel dasar.

Pertama-tama lepas dudukan dengan menggunakan koin tipis atau obeng. Kalian dapat memposisikan ulang dudukan yang sesuai dengan selera.

2. Sempurnakan game PlayStation 4 dengan Game Boost

Banyak yang belum tahu bahwa Sony menyediakan fitur bernama Game Boost. Fitur ini memungkinkan pemain secara otomatis me-remaster semua game PlayStation 4 yang kompatibel dengan versi sebelumnya sehinggavterlihat lebih memukai.

Game Boost aktif secara otomatis, jadi jamgan heran mengapa game PlayStation lama terlihat begitu bagus jika dimainkan di PlayStation 5. Tapi perlu diketahui, pastikan konsol dan game yang dimainkan sudah mendapat pembaruan agar ini berfungsi.

3. Streaming game PlayStation 4 dengan Remote Play

Mengunduh game PlayStation 4 dari PlayStation Store dan menyimpannya di konsol PlayStation 5 akan menghabiskan ruang hard drive. Manfaatkan lah fitur Remote Play untuk melakukan streaming game PlayStation 4 di PlayStation 5.

Caranya, pastikan kedua konsol terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Tapi ingat, hasilnya tentu tergantung pada kecepatan jaringan, usahakan gunakan koneksi terbaik untuk pengalaman terbaik menghindari lag.

Buka menu Settings di PlayStation 5 > System > Remote Play > kemudian aktifkan Remote Play, lalu tekan X untuk mengaktifkan fitur tersebut. Sementara di PlayStation 4 buka aplikasi PlayStation 5 Remote Play dari menu Beranda. Pilih find PlayStation 5 atau Hubungkan ke PS5-xxx.

4. Modifikasi cover konsol PlayStation 5

Cover konsol PlayStation 5 dapat dengan mudah dilepas dan diganti dengan warna berbeda. Jika bosan dengan warna putih, bisa memilih lima warna lainnya di situs web resmi PlayStation, serta beragam opsi lain pihak ketiga.

5. Lompat ke mode permainan tertentu dengan Aktivitas PlayStation 5

Imi berfokus pada fitur Aktivitas, yang memudahkan untuk melompat ke mode permainan tertentu, seperti multi-pemain, memuat misi tertentu, atau dengan cepat mencapai kemenangan.

Cukup tekan tombol PS pada pengontrol DualSense dan kartu akan muncul di bagian bawah layar yang menunjukkan level individual, tidak dapat dibuka, dan lainnya dalam game yang sedang dimainkan.

6. Gunakan pengontrol DualShock 4 lama

Meskipun tidak bisa menggunakan pengontrol DualShock 4 PlayStation 4 untuk memainkan game PlayStation 5, namun pengontrol ini bisa digunakan untuk beberapa judul game yang kompatibel dengan versi sebelumnya.

7. Bagikan layar dalam game

PlayStation 5 mendukung banyak fitur sosial, jadi mungkin tidak mengherankan jika pemain dapat berbagi layar dengan teman atau orang lain sehingga mereka dapat menontonnya.

Meskipun itu sepertinya tidak terlalu mengesankan, fitur Multi-tasking memiliki trik lain, yakni dapat mengalirkan permainan teman melalui mode gambar-dalam-gambar saat bermain.

Pemain dapat melapisi gameplay ini di game sendiri atau menyematkannya di samping layar, sehingga tidak menghalangi permainan. Berikut cara membagikan layar:

- Tekan tombol PS untuk mengakses Control Center, lalu pilih Game Base.

- Pilih atau buat pesta dengan teman-teman yang ingin dibagikan layar.

- Pilih Start Share Screen yang terletak di bawah nama drop-down.

- Teman Anda akan menerima pemberitahuan saat Anda membagikan layar Anda. Mereka harus menerima ini, setelahnya layar akan muncul.

Demikian pembahasan tentang tujuh hal yang dapat dilakukan PS5 dan jarang disadari, semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini