Share

Fakta Menakjubkan Koloni Semut yang Jarang Diketahui

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2022 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 56 2685081 fakta-menakjubkan-koloni-semut-yang-jarang-diketahui-YGUxQRa51N.jpg Fakta menakjubkan koloni semut yang jarang diketahui (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Semut merupakan salah satu serangga yang hidup berkoloni. Mereka memiliki koordinasi dan sistem kerja yang rapi, saling bekerja sama untuk bertahan hidup.

Hewan kecil ini kerap ada di sekeliling kita, terlebih jika ada makanan manis atau mengandung gula. Ternyata, koloni semut memiliki fakta-fakta menakjubkan yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Dilansir dari kanal YouTube iNews Variety Show, Senin (10/10/2022), menurut penelitian, semut nyatanya sudah hadir di Bumi sejak periode pertengahan Kapur sekitar 110 hingga 130 juta tahun yang lalu.

Selain itu, kehidupan koloni semut diduga sudah ada pada zaman dinosaurus mulai hampir punah, tetapi justru populasi semut mengalami peningkatan secara drastis dan mulai mendominasi catatan fosil hewan.

Serangga kecil ini merupakan serangga yang bertahan dari masa ke masa dan terus berevolusi hingga sekarang. Tidak hanya itu, semut dapat bertahan di dalam air selama 24 jam, karena ukurannya yang sangat kecil, semut tidak memiliki ruang untuk mengakomodasi sistem pernapasan yang rumit.

Semut memiliki cara respirasi sendiri untuk membantu mengangkut oksigen di sekitar tubuh mereka dengan menggunakan spirakel yang membuat mereka dapat bertahan di dalam air dalam waktu yang lama.

Semut juga memiliki kemampuan bertahan hidup di air, yaitu dapat mengapung di air dengan menggunakan kaki sebagai dayungnya. Bahkan koloni semut dapat membuat sekoci kecil yang terbuat dari ranting atau tumbuhan agar dapat bertahan dalam air.

Fakta lain dari koloni semut, mereka dapat mengangkat beban yang sangat berat melebihi berat badannya. Semut memiliki kemampuan untuk membawa benda 10 hingga 100 kali lebih berat dari tubuh mereka sendiri.

Kekuatan luar biasa itu adalah hasil dari ukuran tubuh kecil mereka, karena ukurannya yang kecil tersebut, otot semut memiliki luas penampang yang lebih besar dibandingkan dengan yang hewan lain, sehingga semut dapat menghasilkan kekuatan yang lebih besar.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini