Share

Mengenal Dinosaurus dengan Cakar Panjang Bernama Therizinosaurus

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2022 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 56 2686520 mengenal-dinosaurus-dengan-cakar-panjang-bernama-therizinosaurus-QmPHZ7nB4P.jpg Mengenal dinosaurus dengan cakar panjang bernama Therizinosaurus (Foto: Jurassic Park Wiki)

JAKARTA - Dinosaurus dengan cakar panjang dinobatkan kepada Therizinosaurus. Hewan purba ini termasuk berukuran besar dan merupakan herbivora.

Therizinosaurus dinobatkan sebagai hewan dengan cakar terpanjang di dunia yang mencapai panjang sekitar 90 cm. Oleh karena itu, dinosaurus ini disebut juga dengan scythe lizard yang berarti reptil pemotong karena cakarnya yang panjang dan sangat tajam.

Cakar reptil ini, lebih panjang dibandingkan dinosaurus raptor ataupun T-Rex sekalipun yang dikenal memiliki cakar yang cukup besar.

Dirangkum dari berbagai sumber, bahkan cakar reptil ini, lebih besar dibandingkan Deinocheirus, yang masuk dinosaurus bercakar besar lainnya.

Therizinosaurus diperkirakan sebagai salah satu jenis dinosaurus herbivora yang menggunakan cakarnya untuk perlindungan diri. Selain itu, cakar panjangnya untuk berfungsi untuk mengayuh ranting pohon yang tinggi.

Namun, tengkorak Therizinosaurus masih belum ditemukan secara lengkap, sehingga masih menjadi dugaan apabila reptil ini masuk herbivora.

Therizinosaurus termasuk dinosaurus berukuran besar yang memiliki panjang mencapai 10 meter. Sedangkan, beratnya diperkirakan mencapai lebih dari 5 ton, yang diperkirakan seukuran dengan predator besar Tarbosaurus.

Reptil purba ini diperkirakan sudah hidup pada Zaman Cretaceous yang berkisar 70-60 juta tahun yang lalu di Mongolia.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, ia hidup dengan berbagai dinosaurus lain seperti Alioramus, Nemegtosaurus, Conchoraptor dan Avimimus, serta pemangsa besar Tarbosaurus.

Kerangka Therizinosaurus pertama kali ditemukan di tahun 1918 di Mongolia lewat ekspedisi yang dilakukan di tahun itu.

Kendati demikian, baru diidentifikasi pada tahun 1954 oleh paleontologis asal Uni Soviet bernama Evgeny Maleev. Dan ia membuat kesalahan dengan memperkirakan bahwa bentuk tubuh dari Therizinosaurus mirip seperti penyu modern.

Bahkan, menyatakan dapat berenang dengan sangat baik dan menggunakan cakarnya untuk memotong tanaman air.

Terdapat pandangan bahwa dinosaurus ini memiliki bulu di sekujur tubuhnya yang sama seperti kerabatnya bernama Beipiaosaurus yang berasal dari Tiongkok.

Meski begitu, hal tersebut masih menjadi perdebatan karena fosil reptil ini yang belum lengkap, sehingga belum ada bukti nyata yang mampu menjelaskannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini