Share

10 Hal yang Jarang Diketahui Bisa Dilakukan di Telegram

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 54 2687385 10-hal-yang-jarang-diketahui-bisa-dilakukan-di-telegram-tY8Ih8oCJ4.jpg 10 hal yang jarang diketahui bisa dilakukan di Telegram (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Telegram menjadi salah satu aplikasi perpesanan terbaik untuk smartphone. Aplikasi buatan Rusia ini, ternyata punya banyak fitur canggih yang sayangnya tidak diketahui banyak orang.

Bagi yang belum tahu banyak tentang fitur apa saja yang ada di Telegram, berikut adalah 10 hal yang bisa kalian lakukan, seperti dilansir dari Gizchina, Sabtu (15/10/2022).

1. Bertemu orang baru

Dengan bantuan fitur People Nearby, kalian dapat menggunakan Telegram untuk terhubung dengan orang baru selain teman yang terdaftar di kontak. Fitur ini akan menampilkan pengguna Telegram terdekat yang bisa diajak mengobrol.

Untuk melakukannya hanya perlu masuk ke kolom People Nearby. Kalian juga bisa memilih untuk membuat profil terlihat atau tidak terlihat oleh pengguna lain yang tidak dikenal. Selain orang, di fitur ini juga bisa menemukan grup Telegram terdekat.

2. Mengurutkan obrolan ke dalam folder

Jika kalian ingin agar messenger tetap teratur, kalian dapat membuat folder untuk misalnya memisahkan ntara obrolan kantor dan obrolan keluarga. Di Telegram memungkinkan pengguna mengatur percakapan Anda berdasarkan folder.

Bagi pengguna Android ini bisa dilakukan dengan terlebih dulu masuk ke menu pengaturan dan memilih bagian Folder untuk mengatur obrolan Telegram di folder. Untuk iPhone caranya ketuk lama tab obrolan hingga menu ditampilkan.

3. Memainkan Game bawaan

Di Telegram kalian juga dapat memainkan berbagai mini-game jika tidak ada orang yang dapat diajak bicara di Telegram. Game ini bisa tersedia di akun @gamee dan @gamebot. Mulai percakapan dengan dua akun untuk memulai game.

4. Buat tema sendiri

Salah satu aplikasi yang paling dapat dipersonalisasi adalah Telegram, hingga kalian dapat mendesain tema khusus di dalam aplikasi dengan mengubah warna setiap komponen. Ada banyak pilihan dalam hal ini, yang semuanya dapat ditemukan di bagian Obrolan.

Kalian bisa memilih berbagai skema warna dan dapat mengaktifkan mode edit saat menggunakan Telegram dengan memilih Buat Tema Baru dari menu. Mode ini menampilkan pratinjau sehingga kalian dapat membuat perubahan dan langsung melihat hasilnya.

5. Transfer obrolan WhatsApp ke Telegram

Fitur ini tersedia di Telegram versi 7.4. Jika kalian sudah mulai bosan dengan Whatsapp dan ingin pindah ke Telegram, jangan khawatir riwayat obrolan hilang karena obrolan di WhatsApp bisa ditransfer ke Telegram.

Sistemnya cukup simpel. Prosedur dimulai di WhatsApp, di mana kalian harus membuka obrolan dan memilih untuk memasukkan file dari menu Ekspor obrolan. Bagikan file yang dihasilkan dengan Telegram sesudahnya, dan aplikasi akan mengenali bahwa percakapan tersebut berasal dari WhatsApp dan mentransfernya.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Hapus obrolan secara otomatis

Karena Telegram adalah utusan cloud, saat ini tidak ada batasan jumlah pesan yang dapat kalian simpan. Pesan akan tetap ada di sana tanpa batas waktu jika kalian tidak menghapusnya.

Tetapi jangan khawatir obrolan menumpuk karena Telegram bisa menghapusnya secara otomatis. Dengan opsi ini, kalian dapat menentukan kapan obrolan akan dihapus, apakah satu hari atau satu minggu setelah obrolan dimulai.

7. Sembunyikan pengirim pesan yang diteruskan

Mengubah perilaku pesan yang diteruskan telah lama dimungkinkan di Telegram. Tetapi pembaruan terbaru telah menambahkan pengaturan baru. Kalian dapat memutuskan apakah Anda menginginkan deskripsi pesan dan pengirim asli akan muncul atau tidak.

Kalian harus meneruskan pesan seperti biasa, memilih obrolan yang ingin diteruskan untuk melakukannya. Setelah mengetuk pratinjau yang muncul sebelum mengirim, sebuah menu akan muncul sehingga kalian dapat menentukan pilihan untuk menyembunyikan informasi pengirim pesan sebelum meneruskannya.

8. Nonakfifkan Notifikasi “Kontak telah bergabung dengan Telegram”

Notifikasi “Kontak telah bergabung dengan Telegram” menjadi salah satu keunggulan Telegram karena dengan notifikasi ini pengguna akan mengetahui seseorang yang dikenal sudah bergabung dan bisa diajak memulai obrolan.

Tali bagi beberapa pengguna notifikasi ini mengganggu. Dan jarang yang tahu bahwa notifikasi ini bisa dinonaktifkan. Caranya adalah masuk ke ba gian Notifikasi dan suara di pengaturan Telegram, lalu klik opsi Nonaktifkan.

9. Secara otomatis mengarsipkan pesan dari orang asing

Telegram memungkinkan pengguna mengarsipkan pesan dari orang asing secara otomatis. Meskipun pesan akan terus diterima, tapi pengguna tidak akan melihatnya. Dengan begitu akan mengurangi gangguan spam dari orang lain.

Kalian harus mengakses bagian Privasi dan keamanan di pengaturan Telegram. Untuk membungkam dan mengarsipkan pesan dari orang asing. Aktifkan opsi Arsipkan dan bisukan di bawah bagian Obrolan Orang Asing Baru.

10. Kosongkan ruang Telegram

Cache dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Di Telegram kalian bisa menghapus semua cache di bagian Penggunaan Penyimpanan Opsi Telegram. Selain itu sampah yang sudah tidak diguankan mulai dari gambar, video, dan file lain juga bisa dikosongkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini