Share

Facebook Tak Lagi Fokus pada Konten Berita, Lalu Apa?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 57 2689513 facebook-tak-lagi-fokus-pada-konten-berita-lalu-apa-9tZjYQ8XIm.jpg Facebook tak lagi fokus pada konten berita, lalu apa? (Foto: Unsplash/Martyniuk)

JAKARTA - Meta mengarahkan Facebook untuk tidak lagi fokus pada konten berita, perusahaan bahkan telah memutuskan menutup layanan Instant Articles pada April 2023.

Disadur dari Axios, Selasa (18/10/2022), Instant Articles sendiri diluncurkan sejak 2015 silam untuk memuat artikel berita dengan cepat di aplikasi seluler.

Langkah menutup layanan Instant Articles, disebut merupakan bagian dari upaya Meta untuk beralih dari investasi dalam konten berita ke cakupan yang lebih luas di aplikasinya, misalnya konten video.

Seorang juru bicara Meta mengatakan kepada Axios dalam sebuah pernyataan bahwa formatnya kurang dimanfaatkan.

Menurutnya, saat ini kurang dari 3% dari apa yang dilihat orang di seluruh dunia lewat Facebook adalah postingan dengan tautan ke artikel berita, alih-alih mengakses layanan Instant Articles.

"Dan seperti yang kami katakan awal tahun ini, sebagai bisnis, tidak masuk akal untuk berinvestasi berlebihan di area yang tidak menyelaraskan dengan preferensi pengguna,” ujar juru bicara Meta.

Dijelaskan bahwa pengguna Facebook lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton video, khususnya yang berdurasi pendek seperti Reels.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini