Share

Mengenal Handle, Fitur Baru di YouTube Mirip Twitter dan TikTok

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 57 2689638 mengenal-handle-fitur-baru-di-youtube-mirip-twitter-dan-tiktok-M5hRzS4MoP.png Mengenal Handle, fitur baru YouTube mirip Twitter dan TikTok (Foto: YouTube)

JAKARTA - YouTube telah menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Melalui YouTube para pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, salah satunya menjadi kreator dengan membuat konten video.

Melihat hal itu, YouTube terus berinovasi untuk memberi kemudahan para pengguna, misalnya dengan menghadirkan fitur-fitur menarik. Baru-baru ini YouTube merilis fitur terbarunya, yaitu 'handle'.

Dilansir dari The Verge, Selasa (18/10/2022), fitur ini diluncurkan agar pemilik akun bisa terhubung dan berinteraksi lebih mudah dengan kreator lain ataupun para penonton setianya.

Setiap kreator nantinya akan memiliki sebuah handle unik yang bisa digunakan di seluruh layanan YouTube, baik di halaman kanal, deskripsi video, komentar, dan sebagainya.

Dengan menggunakan handle ini para penonton bisa langsung mengidentifikasi kreator YouTuber yang dimaksud hanya dengan mengetikan format ‘@NamaKanal’.

“Kami ingin membuat para kreator dan pembuat konten memiliki identitas yang unik layaknya konten mereka, sembari memberikan layanan kepada penonton agar mereka lebih mudah berinteraksi dengan pembuat konten favorit mereka,” tulis YouTube dalam keterangan resminya.

Namun, para pengguna tidak perlu khawatir nama kanalnya akan berubah. Hanya saja handle atau username yang dimiliki akan dibuat unik.

Penambahan fitur ini akan dilakukan secara bertahap kepada para pemilik akun. Nantinya pemilik akun akan langsung mendapat notifikasi untuk membuat handle kanal miliknya.

Bagi pengguna akun yang sudah memiliki custom URL sendiri, secara otomatis akan menjadi nama handle bawaan.

Jika diperhatikan, handle ini sama dengan yang dimiliki platform media sosial lainnya, seperti Twitter dan TikTok.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini