Share

Daftar 3 Hewan dengan Kuku Cakar Terpanjang di Dunia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 56 2696442 daftar-3-hewan-dengan-kuku-cakar-terpanjang-di-dunia-ZZrREyLIEE.jpg Daftar 3 hewan dengan kuku cakat terpanjang di dunia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Terdapat tiga hewan dengan kuku cakar terpanjang di dunia, dan mungkin hal ini belum diketahui oleh banyak orang. Lalu, siapa saja ketiganya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar tiga hewan dengan kuku cakatr terpanjang di dunia.

1. Kungkang

Kungkang adalah hewan mamalia yang paling lambat di dunia. Selain itu, kungkang juga dijuluki sebagai hewan yang pemalas, karena bisa tidur selama 20 jam sehari. Ketika bangun, mereka bisa menghabiskan waktu tanpa melakukan apa-apa.

Dilihat dari fisiknya, kuungkang merupakan hewan dengan lengan tangan yang panjang untuk bergelantungan di pohon. Namun, tidak hanya lengannya, kuku cakar kukang juga dianggap terpanjang dibandingkan kuku hewan lainnya.

Panjang kuku cakar kukang berjari tiga bisa mencapai 10 meter sentimeter. Sementara kungkang berjari dua, memiliki kuku cakar sepanjang 70 sentimeter.

2. Armadillo

Armadillo atau dikenal dengan Dasypodidae, merupakan hewan yang punya cangkang memanjang dari bagian kepala hingga ekornya.

Nama armadillo sendiri diambil dari bahasa Spanyol, yang berarti 'si kecil berlapis baja', sebab cangkangnya yang anehb tersebut. Armadillo ternyata juga masih berhubungan dengan trenggiling dan sloth (kukang), karena moncong runcingnya.

Dan yang banyak orang belum tahu adalah armadillo juga mempunyai kuku cakar yang panjangnya melebihi normal. Armadillo raksasa, yang ukuran tubuhnya sepanjang 0,9 meter mempunyai kuku cakar sepanjang 20 sentimeter.

Cakar ini, digunakan oleh armadillo untuk menggali dan mencari mangsa. Armadillo sendiri, merupakan hewan mamalia omnivora. Mereka memakan serangga, vertebrata kecil, dan tanaman.

3. Burung Elang Harpy

Di kelompok burung, elang harpy dari Amerika yang mempunyai kuku cakar terpanjang. Bryan Bedrosian dari Teton Raptor Center menjelaskan bahwa panjang kuku cakar burung elang harpy mencapai 10 sentimter.

Ketika berburu, elang akan terbang sambil menukik lalu menerkam dan membawa mangsanya terbang dengan cakarnya yang besar serta kuat.

Ini membuat burung elang menjadi predator yang menakutkan bagi hewan-hewan mangsanya. Elang biasanya akan memangsa mamalia berukuran kecil, seperti tikus dan kelinci, serta burung dan ular.

Demikian pembahasan mengenai daftar tiga hewan dengan kuku cakar terpanjang di dunia, semoga bisa menambah wawasan Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini