Share

5 Hewan Super Besar yang Pernah Hidup dengan Manusia Purba

Cita Zenitha, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 56 2696559 5-hewan-super-besar-yang-pernah-hidup-dengan-manusia-purba-0HxC6GI5zX.jpg 5 hewan super besar yang pernah hidup dengan manusia purba (Foto: Monash University/Peter Tusler)

JAKARTA - Ada lima hewan super besar yang pernah hidup dengan manusia purba, hal ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Bagaimanapun , kehidupannya menjadi sejarah persahabatan manusia dengan hewan masa lampau.

Sebagai makhluk hidup, hewan dan manusia hidup berdampingan. Keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Misalnya di masa sekarang, manusia membutuhkan kerbau untuk membajak sawah.

Setelah membajak sawah, kerbau akan mendapatkan makanan dari manusia. Kebutuhan keduanya disebut sebagai simbiosis mutualis yang saling menuntungkan.

Hubungan manusia dengan hewan sudah berlangsung sejak zaman purba. Pada masa itu, hewan super besar dapat hidup bersama manusia purba.

Berikut adalah lima hewan super besar yang pernah hidup dengan manusia purba, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kadal Varanus Priscus

Hewan super besar yang pernah hidup bersama dengan manusia purba adalah kadal varanus priscus. Kadal ini termasuk jenis kadal terbesar yang pernah ada.

Beratnya mencapai 1 ton, dan banyak ditemukan di Australia. Diperkirakan hewan karnivora ini sudah punah 40.000 tahun yang lalu.

2. Quinkana Timara

Quinkana Timara merupakan spesies buaya yang diperkirakan hidup 24 juta tahun yang lalu. Buaya purba yang telah punah ini banyak ditemukan di daratan Australia.

Panjang dari Quinkana Timara mencapai 9 meter dengan bobot 200 kg bahkan lebih. Quinkana Timara juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat tinggi.

3. Argentavis Magnificens

Salah besar juga berpikir elang atau rajawali adalah burung paling besar. Dahulu kala, Argentavis Magnificens adalah spesies burung besar yang pernah ada. Bobot burung ini mencapai lebih dari 71 kg.

Bentang sayap Argentavis Magnificens bahkan mencapai 9 meter. Kaki yang kuat memungkinkan burung ini menerkam mangsanya. Menurut ilmuwan, argentavis magnificens dapat lebih besar dari pada yang diperkirakan.

4. Glyptodon

Glyptodon merupakan leluhur armadillo yang telah punah pada 11.700 tahun lalu. Fosil glyptodon pernah ditemukan di Argentina. Cangkangnya mencapai diameter satu meter dengan bobot mencapai satu ton.

Glyptodon diperkirakan hidup di Amerika Latin. Hewan yang mirip dengan kura-kura ini termasuk hewan herbivora.

5. Paraceratherium

Selanjutnya, paraceratherium merupakan hewan super besar yang pernah hidup bersama dengan manusia. Paraceratherium sejenis badak purba yang hidup 23 juta tahun yang lalu. Termasuk hewan mamalia, paraceratherium memiliki berat 20 ton.

Walau mirip seperti badak, paraceratherium tidak memiliki cula. Kaki paraceratherium juga sangat panjang untuk ukuran badak.

Demikian pembahasan tentang lima hewan super besar yang pernah hidup dengan manusia purba. Semoga menambah wawasan Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini