Share

6 Aplikasi Smartphone Populer yang Bikin Boros Baterai

Cita Zenitha, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 57 2696570 6-aplikasi-smartphone-populer-yang-bikin-boros-baterai-ohojDBy9YK.jpg 6 aplikasi smartphone populer yang bikin boros baterai (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada enam aplikasi smartphone populer yang bikin boros baterai, tentu ini sangat merugikan penggunanya. Perhatikan penggunaan aplikasi berikut ini untuk menghemat daya.

Baterai smartphone boros tentu menjadi masalah bagi setiap pengguna. Meski sudah mengganti baterai masalah tersebut urung terentaskan. Bila terus mengalami masalah tersebut, coba perhatikan aplikasi yang digunakan.

Beberapa aplikasi menghabiskan daya ponsel. Meski sudah dihentikan, seringkali aplikasi masih berjalan dilatar belakang. Setidaknya, ada enam aplikasi populer yang bikin boros baterai.

Apa saja aplikasi tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini.

1. Netflix

Aplikasi streaming online film ini ternyata memakan daya besar pada ponsel. Ketika diaktifkan, aplikasi memerlukan sistem pencahayaan, kuota internet dan sistem suara. Tak heran, baterai cepat habis ketika menggunakan Netflix untuk menonton film.

Untuk mengantisipasi baterai cepat habis, atur tingkat cahaya serendah mungkin. Pastikan tidak menghidupkan Bluetooth, dan menjalankan aplikais lain di belakang layar.

2. TikTok

TikTok menjadi aplikasi paling hits saat ini. Aplikasi pembuat video pendek ini memerlukan RAM untuk menyimpan video. Disaat bersamaan, TikTok juga memerlukan akses internet dan sistem kamera.

3. Facebook

Sebagai media sosial yang memiliki jutaan pengguna, Facebook masuk jajaran aplikasi boros baterai. Ketika diaktifkan, Facebook akan menjalankan berbagai sistem.

Beberapa sistem Facebook yang mengurai baterai seperti kamera, notifikasi pesan, pertemanan dan lainya. Facebook menyadari kekurangan tersebut. Maka dari itu, Facebook meluncurkan Facebook Lite.

4. Tinder

Tinder memerlukan sistem pelacak lokasi supaya pengguna dapat menemukan teman. Aplikasi ini juga menampilkan gambar dengan berbagai warna yang pastinya mengurai baterai. Belum lagi palikais ini juga memerlukan akses internet.

5. Google Maps

Untuk menjalankan Google Maps, aplikasi ini memerlukan akses lokasi dan kuota internet. Bayangkan, jika menggunakan aplikasi penunjuk arah dari satu kota ke kota lainnya tentu memangkas banyak daya baterai.

Cara mengantisipasi baterai ponsel habis dalam perjalanan, yaitu gunakan mode hemat daya.

6. YouTube

Setiap aplikasi yang menggunakan gambar pasti memerlukan data besar. Apalagi jika gambar dapat bergerak dalam bentuk video. Sebagai aplikasi streaming online yang menggunakan efek visual, YouTube akan menguras daya besar.

Demikian enam aplikasi populer smartphone yang bikin boros baterai. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini