Share

Tahukah Anda, Ikan Mas Ternyata Bisa Lihat Sinar Ultraviolet dan Inframerah

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 29 56 2696996 tahukah-anda-ikan-mas-ternyata-bisa-lihat-sinar-ultraviolet-dan-inframerah-TWjSSiLa3h.jpg Tahukah Anda, ikan mas ternyata bisa lihat sinar ultraviolet dan inframerah (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ikan mas adalah hewan yang sudah dikenal secara luas, banyak orang yang memeliharanya untuk diisi ke akuarium, baik yang ada di rumah, sekolah, atau kantor.

Disadur dari Clubscientific, Sabtu (29/10/2022), sebenarnya ada banyak hal yang perlu diketahui dari ikan mas. Salah satunya, dapat melihat sinar ultraviolet dan inframerah.

Hal ini, tentunya merupakan kelebihan dari ikan mas yang tidak dimiliki manusia.

Sinar ultraviolet sendiri, yakni pita spektrum elektromagnetik. Ini lebih pendek dari cahaya tampak, tetapi lebih panjang dari sinar X, itulah sebabnya manusia tidak bisa melihatnya. Sinar ultraviolet dipancarkan dari Matahari.

Lalu, sinar inframerah atau infrared light, yaitu sejenis cahaya. Gelombangnya lebih panjang dari yang bisa dilihat manusia. Cahaya inframerah dinilai sebagai panas.

Sementara itu, ikan mas memiliki empat jenis sel kerucut di matanya. Sel kerucut ini, sensitif terhadap warna merah, hijau, biru, dan ultraviolet.

Sel kerucut sendiri, yang membuat manusia memungkinkan melihat warna. Mata manusia hanya memiliki tiga jenis sel kerucut, artinya tidak dapat melihat sinar ultraviolet.

Berkat peningkatan penglihatan ini, ikan mas lebih mampu merasakan predator dan mangsa melalui pantulan air.

Adapun fakta menarik lainnya mengenai ikan mas yang jarang diketahui.

1. Beratnya bisa mencapai 4,5 kg.

2. Ikan mas tertua yang tercatat berumur 43 tahun, namanya Tish.

3. Ikan mas tidak memiliki kelopak mata, artinya tidur dengan mata terbuka.

4. Ketika ikan mas diperkenalkan di Eropa pada 1600-an, mereka menjadi hadiah tradisional untuk diberikan suami kepada istri pada ulang tahun pertama. Saat mereka menjadi lebih mudah tersedia, tren ini mereda.

Demikian pembahasan kelebihan ikan mas yang tidak dimilik oleh manusia, beserta fakta menarik lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini