Share

Hewan Peliharaan Bisa Bantu Lawan Stres, Lebih Baik dari Kegiatan Lainnya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 56 2697787 hewan-peliharaan-bisa-bantu-lawan-stres-lebih-baik-dari-kegiatan-lainnya-szaeGNBV2G.jpg Hewan peliharaan bisa bantu lawan stres, lebih baik dari kegiatan lainnya (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Sebuah penelitian menunjukkan, memelihara hewan dapat membantu seseorang tetap tenang dan mengatasi stres. Kini, para peneliti di Kingston University mengungkapkan, hewan peliharaan bisa bantu lawan stres lebih baik daripada kegiatan lain.

Dilansir dari Geo News, Senin (31/10/2022), seorang mahasiswa psikologi Ece Beren Barklam telah menganalisis apakah hewan peliharaan dapat meningkatkan kesejahteraan mental selama pandemi COVID-19.

Para ahli juga mempelajari tingkat ketahanan responden dan seberapa dekat setiap orang dengan hewan peliharaan mereka. Penelitian ini, menyertakan 700 peserta dari seluruh dunia dengan survei dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama dilakukan pada Mei 2020, dan yang kedua pada September 2021.

Temuan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anthrozoös mengungkapkan, hewan peliharaan memiliki efek positif pada kehidupan pemilik.

Orang-orang yang paling banyak berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka, dengan berjalan-jalan, dan bermain dengan mereka, mendapat skor kesehatan mental terbaik.

Namun, penulis penelitian menjelaskan bahwa keterikatan yang tidak sehat dengan hewan peliharaan dapat menjadi tanda kesehatan mental yang lebih buruk.

Penulis mencatat, memiliki hewan peliharaan tidak selalu ideal dan dalam beberapa kasus, di mana seseorang lebih mementingkan hewan peliharaan daripada teman manusia.

Kalau sudah seperti ini, peliharaan malah dapat menambah kesepian dan isolasi dari masyarakat.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini