Share

BuddyKu X KJB Dukung Peran Teknologi Terhadap Personal Branding

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 57 2697876 buddyku-x-kjb-dukung-peran-teknologi-terhadap-personal-branding-WSAufaLCes.jpeg BuddyKu X KJB dukung peran teknologi terhadap personal branding (Foto: Istimewa)

JAKARTA  - Saat ini teknologi sudah berkembang dengan cepat di kehidupan manusia. Di era saat ini, mungkin hampir sebagian penduduk di seluruh dunia termasuk di Indonesia pun sudah menikmati kemanjuan teknologi. Berbicara tentang teknologi tidak akan terpisahkan dengan internet dan gadget yang merupakan hasil dari teknologi itu sendiri.

Seiring berjalannya waktu kini teknologi mengambil semua aktivitas sosial manusia, mulai dari komunikasi, menerima informasi, hingga ke pekerjaan. Dengan adanya hal tersebut, banyak seseorang yang beralih dari pekerjaan lapangan menjadi digital yang biasa disebut sebagai konten creator.

Dalam memberikan edukasi kepada pemula yang mungkin baru saja terjun menjadi Content Creator, BuddyKu bekerja sama dengan KJB (Komunitas Jurnalis Berhijab) menjelaskan cara serta arahan baik kepada mereka, mulai dari tantangan, hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten, hingga membranding konten yang sudah dibuat.

Edukasi ini dibawakan oleh Tommy Tjorko dan Stefani Dewinatalia sebagai pembicara di acara Optimize Your Power Brand in Social Media.

“Ekosistem digital di Indonesia sudah semakin matang, opportunity bagi creator sangat tinggi” ujar Tommy Tjorko sebagai presenter sekaligus Chief of Content BuddyKu. Sebelum menjadi konten creator, Tom juga menjelaskan bahwa ada hal yang harus diperhatikan seperti presenting yourself, storytelling, production capacity, dan ideation dan strategy.

Keempat hal yang sudah disebutkan tentu dapat membantu dalam melewati tantangan ketika ingin menjadi konten creator. Seperti halnya dengan presenting yourself atau dikenal dengan menjelaskan diri kalian dimana hal ini berkaitan dengan image, kemampuan bahkan pembawaan dalam produktifitas sebagai content creator.

Presenting yourself begitu berkaitan dengan Personal Branding. Saat menjadi Content Creator jangan hanya fokus dengan konten saja, kita juga harus mengembangkan personal branding. “Jadi sebelum mengembangkan sebuah konten, kita sebagai konten cerator harus betul-betul matang membentuk brand kita sendiri” ucap Tommy Tjorko. Seolah Value dalam diri, nilai utama personal branding juga begitu menggambarkan hal tersebut.

Hal utama menjadi Content Creator ialah ideation dan strategy. Ide dalam konsep hingga strategi yang di lihat dalam run tren begitu diperlukan. Karena hal melalui ide akan muncul inovatsi dan kreatif sehingga viewers tidak akan merasa bosan dan selalu merasa konten memiliki isi dan ciri khasnya tersendiri.

Konten yang dapat menarik perhatian publik tentu membutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti system ATM (amati, tiru, dan modifikasi), memberikan visual yang menarik, dan membuat konten ringkas tetapi mudah untuk dipahami audiens.

Untuk itu, setiap membuat konten, ada beberapa tolak ukur untuk menentukan perkembangan konten yang sudah kita buat dari sisi performance seperti risk, traffic, image, dan exposure. Perihal exposure atau dikenal sebagai upaya menarik minat viewers melalui visual dapat dilakukan dengan pengemasan yang menarik guna meningkatkan ketertarikan.

Selain itu kita juga harus mengetahui tujuan, nilai tambah, fungsi dan alasan ketika membuat sebuah konten. Tujuan dan fungsi ini yang akan membawa para pembuat konten mengetahui isi yang diperlukan hingga pembuatan dan pembawaanya.

Melihat hal tersebut, BuddyKu sebagai platfrom media digital turut mendukung dan mengikuti perkembangan zaman dengan adanya berbagai konten yang dibuat oleh Content Creator berisikan pesan menarik, edukasi, fun dan juga begitu berhubungan dengan Zillenial saat ini.

BuddyKu turut membantu dan mempermudah viewers untuk mendapatkan informasi, menjadi tempat mengembangkan diri atau kemampuan para pemula untuk melakukan branding diri bahkan pengetahuan yang diperlukan para viewers. Sehingga, melalui acara bermanfaat ini ilmu dan penerapannya dapat dilakukan oleh para pemula atau bahkan Zillenial yang bertekad menjadi Content Creator, terutama dalam konten yang ingin dibuat.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini