Share

NASA Berhasil Potret Momen Matahari Tersenyum, Begini Penampakannya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 01 November 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 56 2698524 nasa-berhasil-potret-momen-matahari-tersenyum-begini-penampakannya-h8YLynnEBP.JPG NASA berhasil potret momen Matahari tersenyum, begini penampakannya (Foto: NASA)

JAKARTA - Solar Dynamics Observatory NASA berhasil memotret momen Matahari tengah tersenyum lebar. Penampakannya sendiri, telah dibagikan oleh badan antariksa AS itu di Twitter.

"Katakan cheese! Hari ini, NASA Solar Dynamics Observatory memotret Matahari "tersenyum," kata NASA dalam postingannya, dikutip pada Selasa (1/11/2022).

"Terlihat dalam sinar ultraviolet, tambalan gelap di Matahari ini dikenal sebagai lubang koronal dan merupakan daerah di mana angin Matahari yang cepat menyembur ke luar angkasa," jelasnya.

Seperti yang dilaporkan The Guardian, lebih dari beberapa pengguna Twitter dengan cepat menunjukkan bagaimana bintang itu terlihat seperti labu berukir dalam gambar NASA.

Ada sedikit ilmu menarik di balik kemiripannya. Terlihat dalam sinar ultraviolet, tambalan gelap di Matahari ini dikenal sebagai lubang koronal dan merupakan daerah di mana angin Matahari yang cepat menyembur ke luar angkasa.

Matahari terus-menerus mengirimkan angin Matahari. Kadang-kadang, badai geomagnetik ini diketahui mematikan listrik di Bumi, seperti yang terjadi di bagian Kanada pada tahun 1989.

Ini bukan pertama kalinya Solar Dynamics Observatory menangkap gambar Matahari yang menarik. Pada tahun 2016, NASA merilis animasi Matahari melakukan jungkir balik.

Penangkapan itu adalah hasil dari manuver tujuh jam yang diselesaikan SDO setahun sekali untuk mengukur tepi bintang secara akurat.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini