Share

Ilmuwan Tercengang dengan Temuan Gurita Langka dan Spons Laut Zombie

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Selasa 01 November 2022 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 56 2698629 ilmuwan-tercengang-dengan-temuan-gurita-langka-dan-spons-laut-zombie-SjgsnYVUlk.jpg Ilmuwan tercengang dengan temuan gurita langka dan spons laut zombie (Foto: NOAA)

JAKARTA - Para ilmuwan tercengang dengan penemuan gurita 'berkutil' langka dan spons laut 'zombie.' Penemuan hewan laut ini berhasil ditangkap dari rekaman dalam laut.

Dilansir dari Mirror, Selasa (1/11/2022), rekaman yang diambil oleh NOAA Ocean Exploration, menunjukkan dua pemandangan yang sangat langka dari bawah permukaan laut dalam.

Menurut hasil rekaman tersebut, cuplikan pertama tampak gurita yang cukup besar dengan tubuhnya yang berwarna ungu dan memiliki mata yang besar.

“Gurita ini dijuluki gurita berkutil karena tonjolan tulang rawan yang terlihat di sepanjang tubuhnya, terlihat di lepas pantai Atlantik, Florida, di Blake Escarpment,” kata NOAA Ocean Exploration.

Hal itulah yang menarik dari spesies ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Bulletin of Marine Science, yang ditulis dan dipimpin oleh Janet Voight, menunjukkan bahwa gurita tersebut hidup di bagian laut yang lebih dalam.

Menurut penelitian, semakin dalam permukaan air, semakin banyak tonjolan yang ada di tubuh gurita tersebut.

Tidak hanya itu, penemuan selanjutnya dalam rekaman video yang diambil adalah spons ‘zombie’ yang dijuluki oleh para ilmuwan dari NOAA karena wujudnya yang seperti hidup dan mati.

NOAA mengatakan bahwa spons aneh ini muncul dari hasil larva spons yang menetap dan bertumbuh di dalam kerangka bibit pendahulu mereka yang telah mati.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini