Share

Daftar 5 Hewan Pemakan Bangkai di Laut, Cacing Osedax Salah Satunya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 01 November 2022 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 56 2698722 daftar-5-hewan-pemakan-bangkai-di-laut-cacing-osedax-salah-satunya-OQx3D5B9b9.jpg Daftar 5 hewan pemakan bangkai di laut, cacing osedax salah satunya (Foto: JAMSTEC)

JAKARTA - Terdapat lima hewan pemakan bangkai di laut, dan mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Bagkai sendiri, merupakan tubuh yang telah mati dan membusuk.

Diketahui, bangkai juga bagian dari makanan yang penting bagi sejumlah karnivora dan omnivora dari ekosistem tertentu yang ada di Bumi.

Lantas, siapa saja kelima hewan pemakan bangkai di laut? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini.

1. Kepiting

Kepiting mengambil partikel makanan menggunakan capitnya lalu memasukkannya ke mulut persis seperti cara manusia makan. Selain bangkai, kepiting juga makan tumbuh dan hewan hidup.

2. Lobster

Mereka menggunakan capitnya untuk berburu dan di capitnya itu juga terdapat reseptor perasa sehingga lobster bisa mengidentifikasi makanan dengan capitnya.

3. Belut Moray

Makanan belut moray mencakup ikan, cumi-cumi, bahkan krustasea bercangkang keras. Secara umum, belut moray adalah predator, tetapi mereka juga kadang makan bangkai.

4. Hiu Putih

Hiu putih besar (Carcharodon carcharias), merupakan spesies hiu predator terbesar di dunia. Uniknya, saat sedang makan bangkai, sekawanan hiu biasanya mengikuti urutan berdasarkan ukuran tubuhnya.

5. Cacing Osedax

Cacing ini berukuran panjang 2 hingga 7 cm dan mereka adalah pemakan tulang bangkai hewan laut. Sebenarnya cacing ini tidak benar-benar makan tulang, melainkan lemak yang terkandung dalam tulang.

Demikian pembahasan tentang daftar lima hewan pemakan bangkai di laut, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini