Share

Sejumlah Fakta Unik Burung Unta, Hewan dengan Mata Lebih Besar daripada Otaknya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 56 2698837 sejumlah-fakta-unik-burung-unta-hewan-dengan-mata-lebih-besar-daripada-otaknya-j42Pxl8lYM.JPG Sejumlah fakta unik burung unta, hewan dengan mata lebih besar daripada otaknya (Foto: iStock)

JAKARTA - Berbeda dengan jenis burung lainnya, burung unta tidak bisa terbang, tetapi sangat handal dalam berlari. Ada sejumlah fakta unik lainnya yang mungkin belum pernah Anda ketahui.

Apa saja fakta unik tentang burung unta? Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Selasa (1/11/2022), berikut berbagai fakta uniknya.

Burung unta bisa mencapai tinggi 2,5 meter, dan mampu berlari mencapai kecepatan hingga 70 kilometer per jam atau setara kecepatan motor skuter listrik 100cc, berat burung terbesar ini bisa mencapai 100 hingga 120kg.

Dengan memiliki tubuh yang kuat dan kemampuan berlari yang cepat, membuatnya termasuk dalam kategori mangsa yang sulit bagi para predator. Bahkan satu ekor burung unta merupakan lawan yang sepadan untuk satu ekor Cheetah.

Kemampuannya bertahan hidup inilah yang menjadikan salah satu alasan burung unta memiliki masa hidup yang cukup Panjang, yaitu sekitar 40 tahun.

Selain itu, mata burung unta adalah mata terbesar di antara hewan darat lainnya. Ukuran mata burung unta bisa setara dengan sebuah bola biliar.

Karena ukuran bola mata yang besar maka hanya menyisakan sedikit ruang di tengkorak kepalanya. Itulah mengapa ukuran otak burung unta tidak lebih besar dari bola mata.

Hal unik lain burung khas Afrika ini adalah mengenai telurnya, diklaim sebagai telur terbesar di dunia. Ukuran satu butir telur burung unta memiliki diameter 15cm dan bisa mencapai berat 1,5 hingga 2,5kg.

Salah satu badan penelitian makanan di Amerika Serikat menyebut kandungan satu butir telur burung unta setara dengan 2 lusin atau 24 butir telur ayam.

Jika Anda bertanya mengenai rasanya, telur unta terasa sedikit lebih manis dibandingkan dengan telur ayam. Telur ini juga kaya akan protein, asam amino esensial serta asam lemak omega 3.

Semua kandungan dalam telur tersebut dipercaya baik untuk kesehatan jantung dan mata.

Dalam satu butir telur burung unta memiliki kandungan kalori mencapai 2.000 dan istimewanya kolesterol yang terdapat pada telur tersebut relatif rendah, sehingga memiliki segudang manfaat yang didapat, tentu saja harga telur ini relatif mahal.

Satu butir telur dengan berat 1kg dibanderol Rp440 ribu hingga Rp500 ribu, untuk mendapatkan telur burung unta di daratan Eropa pun tidak terlalu sulit.

Seperti di Inggris, masyarakat di sana bahkan terbiasa menikmati telur burung unta ini untuk sarapan.

Sebagai informasi, dalam satu musim burung unta betina dapat menghasilkan 40 hingga 60 butir telur atau 8 hingga 10 telur dalam satu kali reproduksi.

Sementara untuk menetaskan telurnya menjadi burung unta kecil, mereka butuh waktu sekitar 35 sampai dengan 40 hari.

Itulah fakta unik tentang burung unta yang mungkin Anda baru mengetahuinya. Semoga bermanfaat!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini