Share

Beberapa Hal yang Tak Anda Sadari Bisa Dilakukan Smartphone

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 57 2698860 beberapa-hal-yang-tak-anda-sadari-bisa-dilakukan-smartphone-1i9V0dDbAW.JPG Beberapa hal yang tak Anda sadari bisa dilakukan smartphone (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Jika Anda berfikir bahwa smartphone hanya untuk bermain media sosial atau bahkan hanya untuk selfie dengan kamera canggih, itu pernyataan yang kurang tepat.

Padahal, kenyataanya ponsel cerdas Anda dapat melakukan lebih dari sekedar pernyataan tadi, bahkan dapat berfungsi cukup produktif untuk membantu semua pekerjaan Anda di rumah.

Smartphone mampu melakukan hal-hal seperti mengendalikan gadget di rumah, bahkan jika Anda tidak memiliki sistem rumah pintar, Anda dapat melakukan banyak hal keren dengan smartphone.

Diolah dari SlashGear, Rabu (2/11/2022), berikut beberapa hal yang tidak Anda sadari bisa dilakukan oleh smartphone Anda.

1. Remote

Di zaman modern ini, ketika Anda kehilangan remote, Anda tidak perlu mencarinya atau bahkan beli baru, saat ini cukup menggunakan smartphone.

Anda dapat menginstal aplikasi, atau menggunakan fungsi bawaan jika ponsel Anda memilikinya, antara lain untuk mengontrol perangkat elektronik seperti TV , AC, pemutar DVD, dan proyektor.

iPhone dan Android TV yang lebih baru biasanya memiliki kontrol bawaan untuk Apple TV dan Google TV. Namun, Anda dapat mengunduh aplikasi seperti ASmart Remote IR (Android) atau EzRemote Lite (iOS) dan menggunakan ponsel Anda sebagai remote control untuk hampir semua perangkat rumah tangga.

Aplikasi ini biasanya mengandalkan IR blaster ponsel Anda, tetapi ada cara lain untuk menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai remote jika ponsel Anda tidak memiliki IR blaster.

Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi Google TV untuk mengontrol Android TV . Aplikasi ini disinkronkan dengan Android TV dan menggunakan WiFi, sehingga berfungsi bahkan tanpa IR blaster.

2. Pita Pengukur

Perlu mengukur panjang suatu benda, tetapi tidak memiliki pita pengukur? Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika Anda memiliki smartphone.

Ada beberapa aplikasi seluler yang dapat membantu Anda mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan kamera ponsel.

Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ukur di iPhone untuk mengukur panjang objek. Aplikasi ini menggunakan Augmented Reality (AR) untuk menghitung dimensi objek.

3. Pendeteksi Logam

Anda tidak dapat menggunakan ponsel Anda untuk berburu harta karun. Namun, jika Anda kehilangan perhiasan atau ingin menemukan jarum yang hilang, Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai pendeteksi logam.

Anda akan menemukan banyak sekali aplikasi pendeteksi logam di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini gratis, meskipun tidak bebas iklan. Unduh salah satunya ke perangkat Android atau iOS Anda dan mulai pencarian logam Anda dengan menggerakkan ponsel Anda.

Aplikasi akan menggunakan magnetometer bawaan untuk menemukan benda logam saat Anda memindahkan perangkat, dan memberi tahu Anda saat menemukan benda logam.

Perhatikan bahwa mungkin juga ada benda logam lain di area tersebut dan barang elektronik seperti TV dan kulkas. Benda-benda ini mungkin menghalangi saat Anda menggunakan aplikasi pendeteksi logam.

Hasilnya biasanya tidak sepenuhnya dapat diandalkan dan bergantung pada sensor magnetik ponsel Anda, tetapi tetap membantu.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan smartphone. Semoga bermanfaat!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini