Share

Arkeolog Berhasil Ungkap Peninggalan Rahasia dari Kota Maya Terakhir

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 56 2699275 arkeolog-berhasil-ungkap-peninggalan-rahasia-dari-kota-maya-terakhir-sdtKpz3QkX.JPG Arkeolog berhasil ungkap peninggalan rahasia dari Kota Maya terakhir (Foto: AFP)

JAKARTA - Para arkeolog berhasil memngungkap peninggalan rahasia di lokasi kota terakhir Maya, yaitu kuburan keramik manusia, peluru dari senjata Spanyol, serta bangunan-bangunan terdahulu.

Dilansir dari ScienceAlert, Rabu (2/11/2022), proyek penggalian baru dimulai Juni lalu yang bertujuan untuk memahami lebih lanjut tentang pos terdepan Tayasal.

Tayasal adalah wilayah kota terakhir Maya yang menyerah saat Spanyol menaklukan mereka tahun 1697, satu abad setelah Eropa memasuki dataran tinggi barat yang sekarang disebut Guatemala.

“Lebih dari 100 tahun berlalu, di mana bagian utara Guatemala benar-benar di luar kekuasaan Spanyol, dan ini terjadi terutama karena hutan berfungsi sebagai perbatasan yang membuat orang Spanyol sangat sulit datang ke tempat-tempat ini,” kata Suarlin Cordova.

Pada tahun 1525, Tayasal juga merupakan bagian dari rute yang digunakan oleh penakluk Spanyol, Hernan Cortes dalam perjalanannya ke Honduras, wilayah Amerika Tengah.

Sebagian besar bangunan di situs Tayasal terkubur di bawah tanah, serta terdapat tumbuh-tumbuhan di area seluas 7 kilometer persegi, lokasinya berada di dekat Danau Peten Itza.

Di antara bangunan pada situs tersebut juga terdapat akropolis setinggi 30 meter. Menurut penelitian, akropolis ini berfungsi sebagai kediaman elit penguasa.

Tidak hanya itu, tampak juga temuan lainnya, yaitu sumur air yang pernah digunakan oleh masyarakat dahulu sejak zaman pra-Hispanik.

Salah satu tujuan dari proyek penggalian ini adalah meningkatkan situs Tayasal sehingga wisatawan atau masyarakat setempat dapat menghargai nilai arkeologi dari kota Maya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Jenny Barios, selaku menteri di Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Guatemala.

Peradaban Maya mencapai penghujungnya antara 250 M dan 900, yang sekarang tempatnya disebut Meksiko Selatan dan Guatemala, serta bagian lain dari Belize, El Salvador, dan Honduras.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini