Share

Daftar 10 Kupu-Kupu Terbesar di Dunia, Mayoritas dari Indonesia

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 56 2699464 daftar-10-kupu-kupu-terbesar-di-dunia-mayoritas-dari-indonesia-qpYbuA5ivY.JPG Daftar 10 kupu-kupu terbesar di dunia, mayoritas dari Indonesia (Foto: Sciencefocus)

JAKARTA - Ada sekitar 17.500 spesies kupu-kupu di dunia, 10 di antaranya merupakan spesies kupu-kupu raksasa dengan lebar sayap lebih dari 17 cm yang sebagian besar dari mereka tersebar di wilayah Indonesia.

Buat yang penasaran, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah 10 kupu-kupu terbesar di dunia yang populasinya sudah menyusut karena berkurangnya habitat mereka, seperti dilansir dari Sciencefocus, Rabu (2/11/2022).

1. Miranda Birdwing

Di urutan pertama adalah Miranda Birdwing (troides miranda). Kupu-kupu raksasa ini punya sayap berukuran hingga 17 cm. Untuk habitatnya, Miranda Birdwing biasanya mendiami hutan hujan tropis Kalimantan dan Sumatera, Indonesia.

2. Magellan Birdwing

Magellan Birdwing (troides magellanus) adalah kupu-kupu besar berwarna-warni yang memiliki kemilau biru-hijau jika dilihat dari sudut yang berbeda. Lebar sayapnya mencapai 18 cm dan dapat dijumpai di Filipina dan Pulau Anggrek, Taiwan.

3. Chimaera Birdwing

Chimaera Birdwing (ornithoptera chimaera) adalah spesies kupu-kupu pegunungan dan dapat dilihat mengelilingi puncak pohon kembang sepatu dan spathodea di hutan hujan New Guinea, Jawa dan Indonesia. Untuk ukurannya mencapai 18 cm.

4. Buru Opalescent Birdwing

Buru Opalescent Birdwing (troides prattorum) merupakan kupu-kupu endemik di hutan-hutan di Kepulauan Maluku, Indonesia. Spesies ini diklasifikasikan langka, sebagai akibat dari penebangan yang terjadi di habitat aslinya.

5. Palawan Birdwing

Juga dikenal sebagai Triangle Birdwing, Palawan Birdwing (trogonoptera trojana) merupakan kupu-kupu endemik provinsi Palawan di Filipina. Jantannya berwarna hitam sedangkan betina berwarna coklat. Palawan Birdwing berukuran 19 cm.

6. Wallace’s Golden Birdwing

Wallace’s Golden Birdwing (ornithoptera croesus) ditemukan di Maluku utara, Indonesia, dan diklasifikasikan sebagai hampir punah pada tahun 2018. Ini adalah spesies dataran rendah, lebih suka menghuni rawa-rawa dan tempat basah lainnya.

7. Rippon’s Birdwing

Pertama kali sitemukan pada tahun 1775 oleh ahli entomologi Pieter Cramer, Rippon's Birdwing (troides hypolitus) sering disamakan dengan tawon karena tanda kuning dan hitamnya. Birdwing Rippon tidak terancam secara signifikan, tetapi dilindungi.

8. Giant African Swallowtail

Giant African Swallowtail (papilio antimachus) dapat terlihat terbang di hutan hujan di Afrika bagian barat dan tengah. Ini adalah salah satu spesies kupu-kupu berukuran 23 xm yang paling beracun, dan tidak diketahui pemangsanya.

9. Goliath Birdwing

Goliath Birdwing (ornithoptera goliath) memiliki lebar sayap hingga 28 cm. Seperti kebanyak spesies kupu-kupu, jantan lebih berwarna daripada betina. Goliath Birdwing tersebar di Papua Nugini.

10. Queen Alexandra’s Birdwing

Queen Alexandra’s Birdwing (ornithoptera alexandrae) adalah spesies kupu-kupu terbesar di dunia, dan ditemukan di hutan Provinsi Oro di timur Papua Nugini. Spesies ini terancam punah serta memiliki ukuran hingga 31 cm.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini