Share

Hal Mengerikan yang Terjadi Jika Oksigen di Bumi Lenyap Selama 5 Detik?

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 56 2700347 hal-mengerikan-yang-terjadi-jika-oksigen-di-bumi-lenyap-selama-5-detik-Sue2SNBCl2.jpg Hal mengerikan yang terjadi jika oksigen di Bumi lenyap selama 5 detik (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Mungkin lenyapnya oksigen selama 5 detik terlalu cepat untuk tubuh manusia menyadari jika kita kekurangan oksigen. Namun, bayangkan saja apa yang terjadi jika oksigen di Bumi kita lenyap selama 5 detik?

Ternyata, waktu selama 5 detik tanpa oksigen dapat membuat Bumi menjadi sangat berbeda. Tentu oksigen adalah hal penting bagi manusia dan objek di sekeliling kita. Oleh karena itu, jika oksigen lenyap maka akan berdampak pada manusia, serta lingkungan bahkan atmosfer.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Jumat (4/11/2022), ada beberapa hal yang akan terjadi pada Bumi kita jika oksigen lenyap. Lantas apa saja efek atau dampak yang terjadi? Simak di bawah ini.

1. Langit di Seluruh Dunia Berubah Menjadi Gelap

Tanpa adanya oksigen, langit di siang hari akan berubah menjadi gelap. Sebelum cahaya dari Matahari menyinari Bumi, cahaya tersebut dipantulkan oleh oksigen yang berada pada atmosfer. Oksigen juga ikut berfungsi untuk menyebarkan cahaya Matahari.

Hal inilah uang menyebabkan langit terlihat berwarna sehingga jika tanpa adanya oksigen di atmosfer, maka partikel cahaya Matahari akan berkurang dan menyebabkan langit menjadi gelap seperti di luar angkasa.

2. Lapisan Ozon Menghilang Membuat Makhluk Hidup Terbakar

Jika seluruh atom oksigen menghilang, lapisan pelindung Bumi, yaitu lapisan ozon juga akan ikut menghilang. Lapisan ozon sepenuhnya terdiri dari oksigen yang berfungsi sebagai lapisan untuk mencegah sebagian besar sinar Matahari.

Paparan sinar UV dari Matahari tentu berbahaya jika terlalu lama mengenai kulit karena dapat menimbulkan reaksi kimia pada kulit. Jika lapisan ozon menghilang, bukan lagi bahaya untuk kulit kita, tetapi bisa menyebabkan kulit terbakar.

3. Telinga Manusia akan Rusak

Apabila Bumi kehilangan oksigen akan berdampak pada tekanan udara yang mengatur keseimbangan tubuh manusia. Hal ini dapat menyebabkan manusia mengalami tekanan yang besar sehingga dapat menyebabkan telinga sulit beradaptasi, hasilnya bagian dalam telinga rusak.

4. Mesin Kendaraan Akan Mati Total

Tanpa adanya oksigen berdampak juga pada mesin kendaraan, di mana proses pembakaran tidak berfungsi akibatnya mesin menjadi mogok atau bahkan mati. Hal tersebut rentan terjadinya kecelakaan di jalan.

5. Bangunan Menjadi Runtuh Seketika

Semua bangunan yang ada di Bumi kita yang terbuat dari beton bisa hancur karena oksigen merupakan faktor pengikat dari beton. Tanpa kehadiran oksigen, beton hanyalah debu sehingga bangunan-bangunan yang ada akan runtuh seketika atau menyatu dengan tanah.

6. Semua Air akan Menguap Menjadi Gas

Hampir sebagian isi Bumi memproduksi air, seperti air di rumah, bendungan, sungai, danau, sampai lautan pun akan ikut lenyap dan menguap menjadi gas.

7. Lapisan Kerak Inti Bumi Hancur dan Tenggelam

Bagian Bumi paling luar yang menjadi tempat seluruh makhluk hidup tinggal, yaitu lapisan kerak Bumi mengandung banyak oksigen. Jadi, apabila oksigen menghilang seluruh dataran di Bumi akan hancur walaupun hanya dengan waktu singkat bersamaan dengan objek di atasnya yang menarik ke ujung inti Bumi.

Demikian hal yang akan terjadi pada Bumi kita jika oksigen lenyap walaupun hanya waktu yang singkat selama 5 detik. Meskipun kemungkinan lenyapnya oksigen di Bumi sangat kecil, kita tetap harus menjaga Bumi kita agar memproduksi oksigen yang cukup, yaitu dengan cara menanam pepohonan di lingkungan sekitar kita.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini