Share

Mengapa Tak Ada yang Lebih Cepat dari Cahaya? Ini Jawabannya

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 56 2701029 mengapa-tak-ada-yang-lebih-cepat-dari-cahaya-ini-jawabannya-Q36Z0CvsN7.jpg Mengapa tak ada yang lebih cepat dari cahaya? Ini jawabannya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Apakah pernah terlintas dalam benakmu, benda apa yang bergerak sangat cepat? Ternyata, faktanya adalah tidak ada yang bisa bergerak lebih cepat dari cahaya yang ada di alam semesta ini.

Manusia mungkin bisa bergerak cepat, atau bisa adanya pesawat bahkan roket yang super cepat saat lepas landas pun tidak bisa mengalahkan cahaya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Jumat (4/11/2022), jika kita membayangkan jarak antara Bumi dan Bulan dapat mencapai sekitar 384.400 kilo meter, setara dengan panjang 361 pulau Jawa. Jaraknya sangat jauh dan membutuhkan waktu 160 hari untuk mencapai jarak tersebut.

Namun, berbeda dengan cahaya yang hanya membutuhkan waktu 2 detik saja untuk menempuh jarak dari Bumi ke Bulan. Selain itu, cahaya juga dapat menempuh waktu 8 menit untuk jarak setara 147,8 juta kilometer, yaitu jarak dari Bumi ke Matahari.

Cahaya dapat bergerak dengan begitu cepat karena wujud atau bentuk ujungnya tidak memiliki massa yang disebut dengan โ€œfotonโ€ (partikel elementer sebagai pembawa radiasi elektromagnetik pada cahaya). Hal itulah yang membuat cahaya memiliki kecepatan yang luar biasa.

Benda-benda yang ada di Bumi memiliki massa sehingga jika ingin bergerak secepat cahaya, perlu adanya energi yang tak terhingga, di mana hal itu tidak mungkin terjadi. Tetapi, apa jadinya jika ada benda yang bisa bergerak secepat cahaya?

Seorang ilmuwan terkemuka, Albert Einstein, mencetuskan teori dilantas waktu, menggambarkan tentang waktu akan menjadi lebih lambat bagi kita.

Misalnya, kita melakukan perjalanan yang mendekati kecepatan cahaya ke bintang terdekat, Proxima Centauri, letaknya mencapai sekitar 4 tahun cahaya dari Bumi.

Kemungkinan perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 7 bulan lamanya. kita hanya membutuhkan waktu yang begitu singkat dibandingkan dengan waktu yang dialami oleh orang yang ada di Bumi, yaitu selama 4 tahun. Teori tersebut dicetuskan langsung oleh Einstein.

Bukan hanya waktu yang melambat, tetapi ukuran panjang kita akan menjadi pendek. Kemudian, massa yang kita miliki juga menjadi berat ke arah tak terhingga. Hal ini tentu tidak memungkinkan sehingga kecepatan cahaya memang di luar batas kemampuan manusia.

Adapun fakta lain, ada benda yang bisa menandingi kecepatan dari cahaya. Kuncinya ada pada kondisi jalurnya, di mana kecepatan puncak dari cahaya berlaku saat di ruang hampa. Kecepatan cahaya akan berbeda jika di medium lain.

Misalnya, pada medium air, kecepatan cahaya dapat dikalahkan oleh objek yang disebut Radiasi Cherenkov. Beberapa objek lain pernah ditemukan dan diduga bisa mengalahkan kecepatan cahaya, yaitu elektron, neutrino, dan tachyon.

Walaupun para ilmuwan telah sepakat mengatakan tidak ada benda atau objek yang kecepatannya melebih cahaya, tetap masih dilakukan penelitian dan eksperimen bahkan hingga saat ini. Tentu prosesnya membutuhkan waktu yang panjang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini