Share

4 Ikan Air Tawar Terganas di Dunia, Salah Satunya Hiu Banteng

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 56 2701080 4-ikan-air-tawar-terganas-di-dunia-salah-satunya-hiu-banteng-Ibxc2TeYBh.jpg 4 ikan air tawar terganas di dunia, salah satunya hiu banteng (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Ikan air tawar sejatinya adalah ikan yang hidup di perairan seperti danau, rawa atau sungai yang memiliki kadar garam pada airnya sangatlah sedikit.

Biasanya ikan yang mendiami sungai memiliki ukuran yang kecil hingga sedang, dan diburu sebagai lauk makanan sehari-hari. Namun, tahukah anda, ternyata banyak sekali ikan rawa ganas yang hidup di dunia ini.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (5/11/2022), berikut deretan informasi mengenai ikan air tawar terganas di dunia.

1. Bull Shark (Hiu Banteng)

Hiu banteng adalah hiu paling berbahaya di dunia. Menurut banyak ahli ini karena mereka spesies hiu yang agresif dan cenderung berburu di perairan tempat orang sering berenang seperti di sepanjang garis pantai tropis.

Hiu banteng hidup di seluruh dunia di perairan laut yang dangkal dan hangat. Mereka telah dikenal untuk berenang ke sungai air tawar.

Makanan mereka sebagian besar terdiri dari ikan, dan terkadang memakan lumba-lumba, penyu, dan sesama hiu banteng.

Dari penampilan yang kekar dan moncong yang tumpul dan bulat, serta perilaku mereka yang relatif agresif, hiu banteng memiliki berat 100kg hingga 300kg.

Kekuatan gigitan hiu banteng adalah salah satu yang tertinggi dari semua ikan, spesies ini dapat menggigit dengan kekuatan 5.914 newton.

2. Piranha

Siapa yang tidak kenal dengan ikan piranha, yakni ikan dari Amerika Selatan yang memiliki gigi setajam silet yang akan mencabik mangsanya.

Namun, faktanya tidak semua piranha menyukai darah, beberapa spesies adalah omnivora. 20 spesies berbeda ditemukan di sungai amazon, hewan ini hidup dalam kelompok sebagai bentuk perlindungan dan menjauhkan diri dari pemangsa.

Untuk ukuran tubuh kebanyakan piranha tidak lebih besar dari 60cm, mereka memakan mangsanya dengan gigi atas dan bawah yang tajam seperti gunting. Menariknya, jika gigi piranha hilang akan tumbuh kembali seperti gigi hiu.

3. Payara

Ikan ini disebut sebagai ikan vampir karena menjadi salah satu spesies ikan menakutkan di dunia air tawar. Spesies ikan ini memiliki nama ilmiah Pygocentrus Nattereri.

Bagian tubuhnya yang sering menarik perhatian adalah giginya yang runcing, tajam dan menonjol seperti belati, gigi ini mampu mencabik mangsanya dengan mudah.

Payara dikenal memiliki dua taring besar yang terhubung dengan rahang bawahnya. Ikan predator ini sangat agresif, ia adalah kanibal yang dapat menyerang makhluk lain yang mereka suka. Bahkan ia juga mengkonsumsi darah ikan lain.

4. Lele Gulper

Spesies ikan lele yang memiliki nama ilmiah Asterophysus Batrachus ini memiliki mulut yang menganga besar dan mampu menelan mangsa yang juga memiliki ukuran besar.

Ikan ini cenderung menyukai perairan yang dangkal dan aktif di malam hari, untuk ukuran tubuhnya, lele gulper memiliki ukuran 200 hingga 250 milimeter. Uniknya, setelah selesai memakan mangsanya, perut lele gulper akan kembali seperti semula.

Itulah deretan informasi ikan ari tawar terganas di dunia. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini