Share

5 Ras Anjing yang Jadi Andalan Kepolisian dan Militer

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 56 2701183 5-ras-anjing-yang-jadi-andalan-kepolisian-dan-militer-VqAUjZUrC9.jpg 5 ras anjing yang jadi andalan kepolisian dan militer (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Baik polisi maupun tentara, sering menggunakan bantuan anjing yang terlatih guna membantu penyelesaian sebuah tugas tertentu.

Anjing polisi dan militer, digunakan untuk berbagai pekerjaan, beberapa ditugaskan dalam pekerjaan aktif seperti mengejar atau menyerang penjahat.

Ada juga yang ditugaskan untuk pekerjaan investigasi, seperti mengendus obat selundupan, deteksi bom, serta melakukan pekerjaan pencarian dan penyelamatan.

Dari sekian banyak ras anjing di dunia, tidak semua dapat dilatih untuk membantu pekerjaan polisi atau militer.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (5/11/2022), berikut beberapa ras anjing yang paling populer yang biasa polisi dan militer gunakan untuk membantu tugasnya.

1. German Shepherd

Merupakan salah satu anjing yang paling umum digunakan untuk membantu tugas polisi dan militer. Para peneliti juga menyebutkan ras anjing ini memiliki karakter yang kuat dan gesit sehingga bisa digunakan untuk berbagi tugas.

German Shepherd yang dikenal karena kepribadiannya yang agresif dan berani, ras anjing ini digunakan sebagian besar di unit K-9 karena kecerdasan dan kemampuannya untuk menangani situasi yang memiliki tingkat stres tinggi.

Selain kemampuan mengendus yang hebat, anjing ini juga kerap diandalkan dalam mengejar dan melumpuhkan penjahat.

2. Belgian Malinois

Masih berkeluarga dengan German Shepherd, sebelumnya ras anjing ini dimanfaatkan sebagai anjing penggembala, namun pada perang dunia pertama, anjing ini kerap digunakan militer sebagai pembawa pesan ke markas.

Ras anjing ini juga sempat ramai diperbincangkan setelah turut berjasa dalam misi penangkapan Osama Bin Laden pada tahun 2011 lalu.

Indra penciuman yang tajam serta kecerdasan yang mereka miliki menjadikan alasan mengapa kepolisian dan militer memilih ras anjing ini.

Obat-obatan terlarang, bom hingga senjata tajam mampu terdeteksi oleh belgian malinois yang terlatih. Karakternya yang pantang menyerah dalam menjaga tuannya menjadikan jenis anjing ini selalu jadi andalan petugas keamanan ketika melaksanakan pekerjaan.

3. Labrador Retrievers

Kemampuan indera penciuman yang tajam untuk fokus dan mengikuti perintah tuannya adalah keunggulan dari Labrador Retrieverse, jenis anjing ini cukup populer di Amerika.

Meski terlihat garang, nyatanya anjing jenis ini juga dikenal ramah dengan anak-anak.

Selain memiliki kecerdasan di atas rata-rata, anjing ini juga memiliki postur yang ideal, kaki dan bahunya yang kekar membuat mereka mampu berlari cepat.

Oleh karena itu, stamina kuat yang mereka miliki memungkinkan Labrador untuk bekerja dan berlatih lebih ekstra.

Biasanya petugas mengandalkan jenis anjing ini untuk urusan mengendus bom, narkotika, hingga mencari orang yang terkubur di bawah reruntuhan akibat bencana alam.

4. Doberman Pinscher

Dalam urusan keamanan, Doberman Pinscher tidak dilatih untuk menjadi agresif, melainkan lebih kepada pekerjaan lapangan yang membutuhkan kekuatan fisik.

Doberman utamanya digunakan untuk menangkap penjahat yang melarikan diri, kemudian menjatuhkan mereka ke tanah. Anjing ini cukup jarang digunakan seperti anjing polisi lainnya karena tingkat penciuman dan deteksinya tidak sebaik anjing polisi jenis lainnya.

5. Bloodhounds

Identik dengan fokus dan energi, Bloodhounds kerap bertugas sebagai anjing pelacak dan penyelamat di kepolisian. Mereka senang bekerja dan tidak akan beristirahat sebelum menemukan jejak-jejak.

Anjing jenis ini dijuluki sebagai pakar dalam memecahkan kejahatan. Sejak dahulu penciumannya sudah dikenal kuat dalam melacak jejak. Para ahli menyebutkan anjing jenis ini mampu melacak jejak aroma bau yang sudah berumur 2 hari di antara kerumunan, angin dan hujan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini