Share

Kenapa Air Mata Keluar Saat Menguap? Inilah Alasannya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 56 2701195 kenapa-air-mata-keluar-saat-menguap-inilah-alasannya-rdp4qr3eDJ.jpg Kenapa air mata keluar saat menguap? Inilah alasannya (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jika mata Anda mengeluarkan air mata setiap kali menguap, ternyata hal itu sangat wajar dan normal bagi tubuh Anda.

Menguap adalah hal alami yang dilakukan tubuh. Ini sering datang pada waktu yang salah, namun hal itu tidak dapat terbendung dan setiap kali menguap pasti akan mengeluarkan air mata.

Lalu, dari mana datangnya air mata saat menguap? Dilansir dari Science ABC, Sabtu (5/11/2022), berikut penjelasan mengapa air mata keluar saat menguap.

Air mata berasal dari kelenjar lakrimal, kelenjar ini terletak di sudut luar atas mata. Air mata terdiri dari air, protein, lipid, musin, dan elektrolit, semuanya memiliki fungsi yang sangat spesifik di mata.

Setelah disekresikan, air mata melapisi seluruh permukaan mata dan kemudian mengalir keluar (melalui punctae lakrimal) ke dalam kanal lakrimal.

Mata memiliki kanal di sepanjang kelopak mata atas dan bawah. Jika kelenjar adalah keran, kanal adalah pipa, dan duktus lakrimalis adalah saluran yang membuat air mata mengalir (melalui duktus nasolakrimalis) ke dalam hidung.

Mengapa kita menangis saat menguap?

Meskipun kita belum mengetahui alasan pasti mengapa menguap mengeluarkan air mata, berikut adalah teori utamanya.

Studi mengusulkan bahwa tindakan menguap itu sendiri membantu mendinginkan otak. Sebuah studi tentang Budgerigars menunjukkan bahwa menguap adalah tindakan Termoregulasi untuk mengurangi suhu otak.

Teori pendinginan otak menunjukkan bahwa selama menguap, mata mengeluarkan air mata sebagai cara untuk menghilangkan sebagian panas tubuh.

Tekanan Wajah

Ada lebih dari 30 otot di wajah. Selama menguap, sebagian besar otot-otot ini berkontraksi, termasuk yang ada di sekitar kelopak mata. Teori pembentukan air mata saat menguap ini memiliki dua garis logis.

Teori pertama mengklaim bahwa dengan semua otot di sekitar mata berkontraksi, ia memeras air mata dari kelenjar lakrimal. Sehingga hal itu menyebabkan air mata mengalir di wajah kita saat menguap.

Teori kedua mengklaim bahwa kontraksi semua otot ini menghalangi Drainase air mata secara teratur selama menguap.

Karena rata-rata menguap dapat berlangsung selama sekitar 5 detik, itu cukup waktu untuk beberapa tetes air mata untuk tertahan di mata. Saat otot-otot wajah Anda rileks setelah menguap, kelebihan air mata mengalir dari saluran lakrimal serta ke pipi Anda.

Kurang tidur

Sementara penelitian telah menunjukkan bahwa Anda tidak selalu menguap karena mengantuk atau lelah, waktu keduanya memang bertepatan.

Bagi seseorang yang lelah, mata juga menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Beberapa tanda tersebut adalah mata gatal dan mata kering.

Untuk mengatasi ini, tubuh Anda akan mengeluarkan air mata untuk melembabkan dan menghidrasi kornea. Fakta bahwa Anda menguap pada saat yang sama kemungkinan besar merupakan suatu kebetulan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini