Share

Google Hangouts Secara Resmi Ditutup untuk Selamanya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 57 2701148 google-hangouts-secara-resmi-ditutup-untuk-selamanya-9yT5IyhUql.jpg Google Hangouts secara resmi ditutup untuk selamanya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Platform berkirim persan teks serta panggilan telepon Hangouts resmi disuntik mati. Google telah mengkonfirmasi bahwa mulai 1 November 2022, Hangouts tidak akan lagi tersedia bagi pengguna.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu akan memodernisasi suite Google Workspace agar seefektif mungkin. Dan sebagai gantinya, pengguna akan diarahkan ke Google Chat yang merupakan layanan pesan lebih terpadu.

Pengguna yang ingin mengakses situs web Hangouts sekarang akan melihat pesan yang menyatakan, "Mulai 1 November 2022, Hangouts di web akan dialihkan ke Obrolan di Web. Sebaiknya pindah ke Obrolan sekarang."

Google mengatakan bahwa meskipun sebagian besar pesan dan kontak harus dipindahkan ke layanan baru, beberapa percakapan atau bagian dari percakapan tidak akan secara otomatis bermigrasi dari Hangouts ke Chat.

Meski demikian, pengguna dapat terus menggunakan layanan Takeout Google untuk mengunduh data Hangouts mereka hingga 1 Januari 2023, seperti dilansir dari TechRadar, Sabtu (5/11/2022).

Konfirmasi Google akan kematian Hangouts sebenarnya bukan hal mengejutkan. Pasalnya, Hangouts Android serta iOS telah ditutup pada Juli 2022 dan perusahaan sudah mencanangkan rencana tersebut sejak tahun 2020 lalu.

Perusahaan pertama kali mulai "meningkatkan" pengguna perusahaan dan bisnis di "Hangouts Klasik" ke Google Chat pada Maret 2022. Pengguna seluler mulai melihat peringatan dalam aplikasi untuk beralih ke Chat di Gmail atau aplikasi Chat pada Juni, dengan pengguna web ditingkatkan pada Juli.

"Google Chat menawarkan pengalaman modern dan terintegrasi di Google Workspace. Kami memiliki ambisi besar untuk masa depan Chat, dan dalam beberapa bulan mendatang Anda akan melihat lebih banyak fitur seperti panggilan langsung, threading in-line di Spaces, dan kemampuan untuk berbagi dan lihat banyak gambar," tulis Ravi Kanneganti, Manajer Produk, Google Chat.

"Saat kami mengambil langkah terakhir untuk membawa sisa pengguna Hangouts ke Chat, kami berharap pengguna akan menghargai investasi berkelanjutan kami dalam menjadikan Chat sebagai tempat yang andal untuk berkreasi dan berkolaborasi," lanjutnya.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini