Share

NASA Bakal Cetak Lutut Manusia Berbentuk 3D di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 54 2701436 nasa-bakal-cetak-lutut-manusia-di-stasiun-luar-angkasa-internasional-sN8hoXKga6.jpg Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (Foto: Engadget)

NASA, Redwire dan Uniformed Services University of Health Sciences Center for Biotechnology (4DBio3) baru saja mengirimkan printer 3D baru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, fasilitas BioFabrication Redwire.

Ini dilakukan untuk mencetak meniskus lutut manusia di orbit dan mempelajari hasilnya di Bumi. Penitian ambisius ini akan mengarah pada perawatan untuk cedera meniscal yang sering dihadapi oleh tentara Amerika Serikat.

Menariknya, Redwire tidak akan berhenti di sini. Mereka juga akan mencetak seluruh organ di luar angkasa dengan printer 3D tersebut, meskipun ini masih sebagai rencana jangka panjang, seperti dilansir dari Engadget, Jumat (4/11/2022).

Stasiun Luar Angkasa Internasional

Perusahaan juga menggunakan Advanced Plant Habitat NASA untuk proyek mengidentifikasi gen untuk tanaman ramah ruang angkasa. Penelitian lain akan menggunakan tungku NASA untuk membuat dan mendemonstrasikan pendinginan pasif untuk elektronik dalam gravitasi rendah.

Printer BFF akan terbang ke ISS dengan menebeng roket pengangkut pada 6 November mendatang. Peluncuran dilakukan dari fasilitas antariksa Pulau Wallops NASA. Dikatakan bahwa misi ini akan membawa tiga muatan tambahan.

Untuk diketahui, ini bukan printer 3D antariksa pertama NASA. Tahun lalu, NASA membawa printer Redwire ke ISS untuk mendemonstrasikan pencetakan tanah bulan.

Teknologi itu suatu hari nanti dapat membantu kolonis Bulan membangun habitat tanpa membawa banyak pasokan dari Bumi. Bioprinter lebih praktis, tentu saja. Jika penelitian berhasil, dokter dapat mengganti bagian tubuh yang rusak tanpa menggunakan sumbangan atau implan anorganik.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini