Share

Podcast Aksi Nyata Perindo: Ketersediaan Digital Bikin Bisnis Bermusik Makin Mudah

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 54 2701573 podcast-aksi-nyata-perindo-ketersediaan-digital-bikin-bisnis-bermusik-makin-mudah-LLBgUGhTFd.jpg Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube Partai Perindo)

Dunia digital saat ini semakin berkembang pesat, semua hal juga sudah beralih pada dunia tersebut. Begitu juga dalam bermusik, semua pebisnis musik perlahan meninggalkan cara lamanya untuk mempromosikan hasil karya-karyanya.

Representative Distribution Music, Gian Hashemi mengatakan, bahwa sekarang ini ia sudah beralih ke digital untuk mengembangkan dan memperluas bisnisnya dalam bermusik.

Meskipun masih terbilang baru, namun Gian terus fokus agar bisnisnya di musik ini akan terus berkembang dan maju yakni dengan memanfaatkan digitalisasi.

Podcast Aksi Nyata Perindo

"Karena musik di era digital pun juga baru. Jadi apa yang aku kerjakan juga masih baru-baru ini sih, baru happening," katanya dalam podcast Aksi Nyata bersama Partai Perindo bertajuk 'Suka Bermusik Jika Ditekuni Bisa Loh, Jadi Bisnis yang Seru di Era Masa Kini', Sabtu (05/11/2022).

Gian mengatakan, dalam menjalankan bisnis musik tidak harus melulu berpengalaman atau pandai bermusik. Akan tetapi jika ada kesempatan, maka setiap orang memiliki peluang untuk berbisnis di dalam musik.

"Aku pribadi gak bisa bermusik.Tapi ada peran-peran yang bisa kita lakukan, dan peran-peran lain itu bisa sangat membantu ekosistemnya itu sendiri, juga yang mendukung," terangnya.

Gian menambahkan, dengan adanya teknologi dan digital saat ini akan semakin banyak kesempatan untuk para musisi melebarkan sayapnya yakni dalam mempromosikan hasil karyanya kepada masyarakat.

Berbeda jika dulu, ketika akan berjualan label dan band akan berkeliling menawarkan karyanya. Serta mencetak lagu dan musiknya menggunakan kaset dan CD.

"Dan akhirnya banyak yang aware, kalau ini bisa dibisniskan," terangnya.

Gian berharap, agar para musisi di daerah-daerah bisa lebih melek terhadap digital. Mereka tidak perlu repot-repot pergi ke Jakarta hanya untuk rekaman dan mempromosikan karyanya. Tapi lewat digital serta ketersediaan internet, akan jauh lebih mudah.

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini