Share

Nonton TV Digital Pakai STB, Tak Ada Lagi yang Gratis untuk si Miskin

MNC Portal, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 54 2701622 nonton-tv-digital-pakai-stb-tak-ada-lagi-yang-gratis-untuk-si-miskin-6pY0ROufPn.jpg Ilustrasi televisi (Foto: Freepik)

JAKARTA - Masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) serta 173 kabupaten/kota kini tidak lagi melihat siaran televisi analog. Mereka harus membeli set top box agar bisa melihat siaran digital.

Sayangnya, keputusan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tersebut, justru membuat warga semakin susah. Mereka pun mengungkapkan kekecewaanya melalui tiktok.

"Inilah kebijakan pemerintah untuk rakyat miskin. Tak ada lagi yang gratis untuk si miskin," tulis @tatang.r1 dalam akun tiktoknya, Sabtu (5/11/2022).

Nonton TV Digital Pakai STB, Tak Ada Lagi yang Gratis untuk si Miskin 

"Mampukah si miskin ertahan hidup dari keserahakan penguasa!!!" tulisnya.

Kominfo menghentikan siaran TV analog atau analog switch off(ASO) sejak Rabu 2 November pukul 24.00 WIB. Dengan demikian, masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) serta 173 kabupaten/kota tidak ada layanan televisi terestrial (non-terrestrial service) sudah tidak bisa lagi menonton siaran TV analog sejak Kamis dini hari.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan ASO merupakan amanat Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker).

Dalam UU itu disebutkan, migrasi penyiaran Televisi dari analog ke digital harus diselesaikan pada 2 November 2022.

"Juga migrasi siaran tv analog ke digital ini merupakan program pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital," ujarnya.

Kebijakan ini, lanjut Mahfud adalah ketentuan dari International Telecommunication Union (ITU). Dimana peralihan siaran televisi analog ke digital adalah keharusan.

(kem)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini