Share

TV Analog Mati, Warga Menjerit Pesawat TV-nya Jadi Barang Rongsokan

MNC Portal, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 54 2701627 tv-analog-mati-warga-menjerit-pesawat-tv-nya-jadi-barang-rongsokan-6jRlJPlBYs.jpg Ilustrasi televisi (Foto: Freepik)

JAKARTA - Keputusan Pemerintah untuk suntik mati TV Analog agar beralih ke digital ternyata menuai berbagai macam protes dari masyarakat.

Salah satunya diungkap oleh warga dengan akun TikTok @Aiphrma1182. Dari pantauan Okezone, terlihat postingan perangkat TV yang padam dan terdengarlah suara seorang perempuan yang ngedumel dalam logat bahasa Sunda yang kental.

Perempuan itu mengeluhkan untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari saja sudah sulit. Setiap hari ia bahkan sudah kesulitan menyisihkan uang jajan untuk anak. Maka, ibu itu mengaku tak punya cukup uang untuk membeli STB (Set Top Box) agar TV Analog-nya bisa menangkap siaran digital.

TV Analog Mati, Warga Menjerit Pesawat TV-nya Jadi Barang Rongsokan  

Lalu, akun @Aiphrma1182 pun menulis caption di unggahannya: Aduuuh...Jadi Bangke TV Aing, Gusti... (TV saya tidak bisa dipakai lagi jadi barang rongsokan, Ya Tuhan --red.)

Warganet pun ikut berkomentar, "Benar Bu, duit lagi susah," ungkap @Srxxndxyxnx.23

"Benar pisan...segana seer makam TV," tambah Jxlyxn.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan ASO merupakan amanat Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker).

Dalam UU itu disebutkan, migrasi penyiaran Televisi dari analog ke digital harus diselesaikan pada 2 November 2022.

"Juga migrasi siaran tv analog ke digital ini merupakan program pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital," ujarnya.

Kebijakan ini, lanjut Mahfud adalah ketentuan dari International Telecommunication Union (ITU). Dimana peralihan siaran televisi analog ke digital adalah keharusan.

(kem)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini