Share

Populer Science: Penyebab Suara Gemuruh Petir hingga Robot Dalang Wayang Malaysia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Minggu 06 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 56 2701598 populer-science-penyebab-suara-gemuruh-petir-hingga-robot-dalang-wayang-malaysia-HrVMYg0QO3.jpg Populer Science: penyebab suara gemuruh petir hingga robot dalang wayang Malaysia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Terdapat artikel kanal Science Okezone yang banyak dibaca oleh para warganet. Dan yang terpopuler sepekan terakhir, mulai dari "Penyebab Suara Gemuruh Petir" hingga "Robot Dalang Wayang Malaysia."

Penyebab Suara Gemuruh Petir Menurut Sains Seperti Tertulis di Alqura

Berbagai fenomena alam yang terjadi masih banyak yang belum bisa dijelaskan, baik secara nalar atau lewat pendekatan ilmu pengetahuan.

Dirangkum dari About Islam, Senin (31/10/2022), seiring berkembangya teknologi, kini sedikit demi sedikit fenomena-fenomena alam bisa diungkap oleh para ilmuwan yang menelitinya sekian lama.

Baca selengkapnya.

Fenomena Tengah Hari Lebih Cepat Bakal Dialami Indonesia Besok

Fenomena tengah hari lebih cepat bakal dialami Indonesia besok, Kamis (3/11/2022). Secara umum, dampaknya menyebabkan waktu terbit Matahari, waktu duha maupun subuh lebih cepat dibandingkan hari-hari lainnya.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang, menjelaskan bahwa hal ini dikarenakan durasi malam hari yang semakin lebih kecil jika dibandingkan dengan durasi siang hari untuk belahan selatan pada umumnya.

Baca selengkapnnya.

Gerhana Bulan Total di Indonesia Berlangsung 8 November, Berikut Detailnya

Gerhana Bulan Total adalah fenomena astronomis ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi. Hal ini disebabkan oleh konfigurasi antara Bulan, Bumi dan Matahari membentuk garis lurus.

Selain itu, Bulan berada di dekat titik simpul orbit Bulan, yakni perpotongan antara ekliptika (bidang edar Bumi mengelilingi Matahari) dengan orbit Bulan.

Baca selengkapnya.

Malaysia Punya Robot Dalang yang Bisa Main Wayang

Seorang dosen di Malaysia, Ahnaf Hakimi, membuat robot yang bisa memainkan wayang seperti dalang. Robot itu, diharapkan bisa menyelamatkan tradisi wayang kulit Negeri Jiran.

Diolah dari Reuters, Selasa (1/11/2022), Ahnaf merakit wayang kulit animatroniknya di sanggarnya di Bayan Lepas, Penang, Malaysia. Ia berharap bisa menyelamatkan tradisi kuno wayang kulit dengan menggunakan figur cetakan 3D yang dikendalikan oleh robot, bukan manusia.

Baca selengkapnya.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini