Share

Sampah Luar Angkasa China dengan Berat 21 Ton Jatuh ke Bumi

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 07 November 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 56 2702348 sampah-luar-angkasa-china-dengan-berat-21-ton-jatuh-ke-bumi-bWKldU8tdl.JPG Sampah luar angkasa China dengan berat 21 ton jatuh ke Bumi (Foto: Yannaing Pyi Sone Aung)

JAKARTA - Sampah luar angkasa milik China seberat 21 ton telah jatuh dan menghantam Bumi. Ini merupakan bongkahan salah satu roket besar yang membawa sebuah modul untuk stasiun luar angkasa.

Diketahui, China sendiri memang saat ini tengah sibuk membangun stasiun luar angkasa terbaru. Dalam prosesnya, tentu ada banyak peluncuran roket yang dilangsungkan untuk membawa beragam modul.

Sayangnya, tidak semua peluncuran roket ini berjalan dengan lancar. Salah satunya gagal mengudara dengan mulus, di mana menyebabkan bongkahan roket jatuh dan menghantam Bumi.

China sendiri dinilai tidak melakukan deorbit terkendali dari tahap inti roket Long March 5B setelah mengerahkan muatan. Bongkahan ini menghantam Bumi dan sialnya tidak diketahui di bagian mana akan mendarat.

Saat ini para ilmuwan termasuk Ted Muelhaupt, seorang konsultan di Kantor Chief Engineer Perusahaan The Aerospace Corporation, tengah menyelidiki di lokasi mana sampah luar angkasa ini akan mendarat.

Ia mengatakan, seluruh penduduk Bumi berpeluang sama untuk terkena bongkahan sisa peluncuran roket yang sangat berat dan bisa menimbulkan berbahaya besar itu. Menurutnya, peluangnya adalah enam per 10 triliun.

“Jawabannya adalah bahwa Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk memenangkan lotre malam ini daripada Anda terkena benda ini,” kata Muelhaupt seperti dikutip dari Metro, Senin (7/11/2022).

Sebagai informasi, roket yang dimaksud telah diluncurkan pada 31 Oktober dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di provinsi pulau selatan Hainan. Ukuran booster stage yang jatuh ke Bumi kira-kira sama dengan bangunan 10 lantai.

Jelas itu masih terlalu besar untuk terbakar di atmosfer Bumi. Aturan umum adalah bahwa 20-40 persen massa benda akan menyentuh Bumi, jika ukurannya sedemikian besar, maka akan sangat berbahaya.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini