Share

Miris, Paus Makan 10 Juta Keping Mikroplastik Setiap Hari

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 07 November 2022 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 56 2702634 miris-paus-makan-10-juta-keping-mikroplastik-setiap-hari-FlpXtlVJ1X.jpg Miris, paus makan 10 juta keping mikroplastik setiap hari (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Paus biru mengonsumsi hingga 10 juta keping mikroplastik setiap hari, fakta itu berdasarkan sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan.

Penelitian tersebut, menunjukkan bahwa sampah laut menimbulkan bahaya yang lebih besar bagi hewan terbesar di dunia daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Potongan-potongan kecil plastik telah ditemukan di mana-mana mulai dari lautan terdalam hingga gunung tertinggi, dan bahkan di dalam organ dan darah manusia.

Sekarang sebuah studi pemodelan yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications telah memperkirakan berapa banyak yang tertelan oleh paus.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Amerika Serikat menempatkan tag pada 191 paus biru, sirip dan bungkuk yang hidup di lepas pantai California untuk mengamati pergerakan mereka.

"Ini pada dasarnya seperti Apple Watch, hanya saja disematkan di punggung ikan paus," kata Shirel Kahane-Rapport, seorang peneliti di California State University, Fullerton dan penulis pertama studi tersebut, dikutip dari Phys, Senin (7/11/2022).

"Paus kebanyakan makan di kedalaman antara 50 hingga 250 meter (165-820 kaki), yang merupakan rumah bagi konsentrasi mikroplastik terbesar di kolom air," lanjutnya mengungkapkan.

Para peneliti kemudian memperkirakan ukuran dan jumlah suapan yang dimiliki paus setiap hari dan apa yang disaring, memodelkan tiga skenario berbeda. Di bawah skenario yang paling mungkin, paus biru memakan hingga 10 juta keping mikroplastik sehari.

Selama 90-120 hari musim makan tahunan, yang mewakili lebih dari satu miliar keping setahun. Hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi juga kemungkinan merupakan konsumen mikroplastik terbesar, makan hingga 43,6 kilogram sehari, kata studi tersebut.

Paus bungkuk diperkirakan makan sekitar empat juta keping sehari. Meskipun mudah membayangkan paus mengisap mikroplastik dalam jumlah besar saat mereka menelan laut, para peneliti menemukan bahwa bukan itu masalahnya.

Sebaliknya, 99 persen mikroplastik masuk ke dalam paus karena mereka sudah berada di dalam mangsanya.

"Itu artinya, mikroplastik ini juga berisiko dikonsumsi oleh manusia karena manusia juga memakan ikan-ikan kecil yang menjadi mangsa paus. "Itu mengkhawatirkan bagi kami. Kami juga makan ikan teri dan sarden," kata Kahane-Rapport.

Sekarang para peneliti tahu berapa banyak mikroplastik yang dikonsumsi oleh paus, selanjutnya mereka bertujuan untuk menentukan seberapa besar bahaya yang bisa ditimbulkannya.

Menurut Kahane-Rapport, dengan mengungkap berapa dosisnya, akan terkuak juga racunnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini