Share

Waspada Dampak Gerhana Bulan Total Bagi Kehidupan, Apa Itu?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 08 November 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 56 2703112 waspada-dampak-gerhana-bulan-total-bagi-kehidupan-apa-itu-If703f4LhP.jpg Waspada dampak Gerhana Bulan Total bagi kehidupan, apa itu? (Foto: Star Walk)

JAKARTA - Gerhana Bulan Total terjadi hari ini, Selasa (8/11/2022) dengan puncaknya bisa disaksikan pukul 18.00 WIB/19.00 WITA/20.00 WIT.

Layaknya fenomena alam lain, Gerhana Bulan Total juga berdampak bagi kehidupan.

Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andi Pengerang, Gerhana Bulan Total berdampak pada pasang air laut yang lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya, saat tidak terjadi gerhana, purnama atau Bulan baru.

Dikutip dari ScienceDirect, ini karena tarikan gravitasi Matahari dan Bulan menciptakan efek pasang surut yang tinggi di atas permukaan laut selama mereka sejajar dengan Bumi.

Pasang surut tertinggi terjadi pada saat bulan purnama dan Gerhana Bulan.

Diketahui, Gerhana Bulan Total hari ini akan terjadi dalam durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik. Dan, durasi umbral (sebagian+total) selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Lalu, lebar Gerhana Bulan Total kali ini 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke Bulan sebesar 0,2570. Gerhana ini termasuk ke dalam seri Saros 136.

Menariknya, Gerhana Bulan Total 8 November bisa disaksikan di Indonesia. Dan untuk menyaksikannya tidak perlu teleskop atau peralatan khusus, cukup keluar dan melihat ke atas.

Namun penggunaan teleskop akan menampilkan pemandangan yang lebih detail.

Bagi yang ingin melihat secara jelas, Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Taman Ismail Marzuki sendiri menggelar nonton bersama Gerhana Bulan Total.

Masyarakat yang ingin mengamati gerhana bulan total bisa menggunakan teleskop di sana.

Kegiatan nonton bareng ini dilangsungkan pukul 18.00-21.00 WIB bertempat di Lobby Teater Besar dan Plaza Gedung Teater Jakarta. Tetapi sebelumnya masyarakat diwajibkan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link: bit.ly/GBTPOJ2022.

Dan perlu diingat juga bahwa kelangsungan acara ini juga tergantung cuaca. Apabila cuaca gerimis atau hujan, maka pengamatan tidak bisa dilakukan, dan acara secara otomatis batal.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini