Share

Ahli Ungkap Alasan Firaun Tutankhamun Dimumikan dengan Penis Ereksi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 08 November 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 56 2703330 ahli-ungkap-alasan-firaun-tutankhamun-dimumikan-dengan-penis-ereksi-tUV9VnC07Q.jpg Ahli ungkap alasan Firaun Tutankhamun dimumikan dengan penis ereksi (Foto: Griffith Institute)

JAKARTA - Firaun Tutankhamun, penguasa Mesir kuno, dimumikan dengan cara yang tidak biasa. Sebab, kondisi penis sedang ereksi dengan sudut 90 derajat.

Diolah dari Independent, Selasa (8/11/2022), Firaun Tutankhamun sendiri adalah salah satu penguasa paling terkenal di dunia, ia memerintah Mesir hanya 10 tahun.

Lantas, apa alasan Firaun Tutankhamun dimumikan dengan kondisi penis yang sedang ereksi? Penjelasan selengkapnya, simak di bawah ini.

Ahli Mesir Kuno dari American University di Kairo, profesor Salima Ikram, mengatakan bahwa pemakaman Tutankhamun merupakan upaya untuk memperjuangkan agama saat itu.

Ikram menyampaikan, Tutankhamun melawan ayahnya sendiri, yakni Akhenaten di mana mendirikan agama monoteistik. Selama pemerintahannya, ia diketahui cuma menyembah Aten sebagai satu dewa dan mengabaikan dewa-dewa lain.

Putranya, Tutankhamun ternyata tidak setuju dengan kepercayaan ayahnya. Akhirnya, selama berkuasa ia berusaha untuk mengembalikan Mesir ke agama tradisional yang menyembah berbagai dewa.

Ikram berpendapat, para imam ketika Tutankhamun meninggal kemudian melanjutkan upaya perlawanan tersebut, sehingga kemungkinan menjadi alasan firaun muda itu dimumikan dengan penis sedang ereksi.

Keputusan itu, karena dinilai bikin Tutankhamun muncul sebagai dewa akhirat, Osiris.

"Penis yang ereksi membangkitkan Osiris pada momen regeneratifnya yang paling kuat, simbol kelahiran kembali dan kebangkitan," ujar Ikram dalam jurnal Etudes et Travaux.

Sejauh yang dia tahu, tidak ada mumi lain yang ditemukan dengan penis sedang ereksi.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini