Share

Daftar 5 Objek Paling Aneh di Alam Semesta

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 56 2703495 daftar-5-objek-paling-aneh-di-alam-semesta-B14MltPJzB.JPG Daftar 5 objek paling aneh di alam semesta (Foto: IAA-CSIC/UHU)

JAKARTA - Objek-objek paling aneh di alam semesta memang menarik untuk dibahas. Alam semesta atau jagat raya merupakan ruang yang memiliki luasan tidak terhingga, di mana terdapat berbagai objek.

Tidak hanya bintang, matahari, dan planet-planet yang ada, ternyata di alam semesta terdapat objek paling aneh yang tidak diketahui asal-usulnya.

Lantas, apa saja objek paling aneh di alam semesta? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Haumea bercincin

Haumea planet kecil yang mengorbit di Sabuk Kuiper di luar Neptunus, memiliki bentuk memanjang yang aneh dengan dua bulan, dan rotasi satu hari hanya berlangsung selama 4 jam. Dengan begitu menjadikan planet ini sebagai objek yang berputar paling cepat di Tata Surya.

Namun, pada 2017 Haumea tampak lebih aneh saat para astronom menyaksikannya lewat di depan sebuah bintang dan ada cincin yang sangat tipis mengorbit di sekitarnya. Kemungkinan cincin tersebut hasil dari tabrakan yang jauh di masa lalu.

2. Bulan memiliki bulan

Alam semesta memang tak ada yang tahu, peristiwa yang terjadi di alam semesta bukanlah kejadian yang dapat direncanakan manusia. Salah satunya adalah adanya bulan yang mengorbit bulan.

Bulan ini dikenal dengan sebutan submoon, moonitos, grandmoon, moonettes dan moooons. Dimana perhitungan terbaru menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil tentang pembentukan bulan yang punya bulan.

3. Galaksi yang tak memiliki materi gelap

Dark matter atau materi gelap merupakan zat yang tak diketahui yang tersusun dari 85 persen semua materi di alam semesta. Para peneliti meyakini adanya materi gelap di mana-mana.

Akan tetapi hal itu terbantahkan pada Maret 2018 terdapat galaksi yang hampir tidak mengandung materi gelap. Hal itu membuat para peneliti berpikir keras meskipun temuan tersebut secara paradoks memberikan kepercayaan pada teori alternatif yang menyatakan bahwa materi gelap tidak ada sama sekali.

4. Bintang paling aneh di alam semesta

Tabetha Boyajian seorang astronom dari Louisiana State University dan rekan-rekannya merasa bingung kala pertama kali melihat bintang yang dikenal sebagai KIC 846285.

Bintang yang dijuluki bintang Tabby itu diketahui akan turun kecerahannya pada interval yang tidak teratur dan dalam jangka waktu yang aneh, terkadang hingga 22 persen.

Berbagai teori diajukan, namun saat ini, sebagian besar peneliti percaya bintang itu dikelilingi oleh cincin debu abnormal yang menyebabkan penggelapan.

5. Sinyal radio misterius

Sejak 2007, peneliti diketahui beberapa kali menangkap sinyal radio ultra kuat dan ultra terang dalam beberapa milidetik. Kilatan aneh tersebut dikenal dengan nama Fast Radio Burst (FRBs).

Ternyata, belum lama ini ilmuwan bisa menangkap FRBs berulang kali yang melintas enam kali secara berurutan. Sinyal kedua yang terlihat dapat mendukung peneliti memecahkan misteri ini.

Itulah objek-objek paling aneh di alam semesta yang tidak banyak orang tahu. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini