Share

Nobar Gerhana Bulan Total Diguyur Hujan, Penonton Kecewa

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 08 November 2022 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 56 2703531 nobar-gerhana-bulan-total-diguyur-hujan-penonton-kecewa-4QMq69FvNR.JPG Bobar Gerhana Bulan Total diguyur hujan, penonton kecewa (Foto: Okezone/Tangguh Yudha)

JAKARTA - Nonton bareng (nobar) Gerhana Bulan Total di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, diguyur hujan. Masyarakat terpaksa berteduh dan harus menelan pil pahit gagal menyaksikan fenomena langka tersebut.

Diketahui, Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) menggelar kegiatan bertajuk "Piknik Malam Bersama Bloodmoon" pada hari ini, Selasa (8/11/2022). Kegiatan ini digelar gratis untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total yang berlangsung pada pukul 18.00 WIB.

Salah satu pengunjung, Shinta mengaku kecewa lantaran cuaca yang tidak mendukung untuk melihat Gerhana Bulan Total Bloodmoon ini. Menurutnya, perjuangannya datang dari Pasar Minggu ke TIM sia-sia, terlebih ia datang seorang diri.

"Terpaksa liat di tempat lain lewat streaming YouTube. Soalnya kan di beberapa wilayah sudah ad ayang muncul ya, saya lihat di YouTube saja nanti. Sedih sih karena gak bisa lihat langsung," ungkapnya saat diwawancarai, Selasa (8/11/2022).

Kekecewaan juga melanda siswa SMA 44 Jakarta bernama Dino. Ia mengaku sudah datang sejak jam 3 sore untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total dan harus merelakan kegiatan lainnya demi acara ini. Ia pun terpaksa harus pulang sebelum melihat fenomena yang dinantinya.

"Kecewa banget padahal dari kemarin sudah niat banget sampai merelakan ekskul voli untuk acara ini. Ternyata malah hujan deras. Sebentar lagi juga pulang soalnya kan dari sekolah juga gak sampai malam untuk ikut acara ini," ungkapnya.

Pengunjung lain, Rahel bahkan sudah tiba di TIM sejak jam 2 siang. Ia juga berangkat seorang diri dari rumahnya yang berlokasi di Jakarta Utara. Mengingat hujan deras, ia pun memutuskan untuk pulang dan menurunkan ambisinya.

"Sedih aja gitu, dari jam dua soalnya. Rumah aku juga di Jakarta Utara, lumayan sih ke sini. Padahal pingin lihat banget Gerhana Bulan. Kalau hujan deras kaya gini sih bakal pulang aja," terangnya.

Sekedar informasi, Gerhana Bulan Total hari ini akan terjadi dalam durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Lebar gerhana bulan total kali ini sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat Bulan sebesar 0,2570. Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960).

Meskipun masih ada kesempatan untuk melihatnya hingga sekitar jam 9. Banyak pengunjung yang lebih memilih pulang dan menyaksikannya secara virtual.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini