Share

5 Tips Jitu Buka Situs yang Diblokir, Dijamin Berhasil

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 54 2703930 5-tips-jitu-buka-situs-yang-diblokir-dijamin-berhasil-RmpIiwmthx.jpg 5 tips jitu buka situs yang diblokir, dijamin berhasil (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ada lima tips jitu yang bisa diterapkan untuk membuka situs-situs yang telah diblokir, warganet dapat mencobanya dan langkah-langkah ini dijamin berhasil.

Diketahui, sudah banyak situs di dunia maya telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), salah satunya adalah Reedit.

Namun, jangan khawatir. Ada tips yang bisa dicoba untuk membuka blokir tersebut, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini.

1. Pakai Situs Proxy

Warganet tinggal membuka browser Google Chrome, kemudian mengunjungi situs CroxyProxy. Setelah itu, geser ke bawah untuk menemukan kotak agar bisa memasukkan link situs yang ingin dibuka blokirnya.

2. Opera

Cara membuka situs yang terblokir menggunakan Opera cukup mudah. Buka browser Opera, kemudian ketuk tiga garis pada bagian pojok atas, selanjutnya geser ke bawah hingga menemukan tulisan ‘VPN enable in setting’. Anda dapat mengaktifkan VPN dengan mencentang ‘Enable VPN’.

Untuk memastikan VPN aktif, kamu tinggal membuka tab baru pada browser dan cek apakah ada tanda VPN di samping kotak pencarian URL. Jika sudah ada, kamu tinggal menuliskan link situs yang ingin kamu buka.

3. Add-on di Chrome dan Firefox

Bagi pengguna Google Chrome, dapat mengunjungi laman Chrome Web Store dan buka extension ‘Browser VPN – Free and Unlimited VPN’.

Kemudian, ketuk ‘Add to Chrome‘ untuk dipasang. Selanjutnya, akan ada pop up untuk pemasangan extension browser VPN, untuk melanjutkan tinggal ketuk ‘Add Extension’.

Pengguna bisa memilih server VPN dengan mengetuk ikon yang berada di kanan atas browser dan memilih server yang diinginkan.

Untuk pengguna Mozilla Firefox, tinggal mengunjungi laman Firefox Add-on dan pilih AnonymoX, kemudian ketuk ‘Add to Firefox’. Setelah terpasang, Anda dapat mengakses AnonymoX pada ikon di bagian kanan atas.

Pilih server yang diinginkan untuk mengaktifkan VPN. Selanjutnya Anda tinggal membuka situs yang ingin dikunjungi.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Gunakan Google Translate

Jangan salah, ternyata Anda bisa membuka situs yang diblokir menggunakan Google Translate. Metode ini tidak selalu berhasil, tetapi bisa dicoba dan dapat menjadi alternatif untuk membuka situs yang diblokir.

Cara membuka situs yang diblokir menggunakan Google Translate adalah dengan membuka translate.google.com di browser, kemudian tempel situs yang ingin dibuka.

Selanjutnya, buka tautan yang muncul di bagan terjemahan untuk mengakses situs tersebut.

5. Wayback Machine

Wayback Machine merupakan situs arsip digital yang menyimpan berbagai versi lama beragam situs yang bisa kamu kunjungi kembali. Berikut adalah langkah membuka website terblokir menggunakan Wayback Machine:

- Buka situs archive.org/web/.

- Ketik alamat situs yang telah terblokir pada kolom pencarian.

- Pilih arsip digital per tanggal, bulan, dan tahun.

- Klik salah satu screenshot yang ingin kamu lihat.

- Arsip digital pada tanggal tersebut akan muncul.

Demikian pembahasan tentang lima tips jitu yang bisa diterapkan untuk membuka situs-situs yang telah diblokir, semoga bisa membantu.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini